Kamis, 31 Desember 2015

Pakaian Budaya Jawa pada 1001 Tumpeng di Wisata Andeman Malang

Indonesia memiliki banyak pulau  serta budaya sehingga setiap pulau di Indonesia memiliki budaya tersendiri. Salah satu budaya yang banyak dikenal dimasyarakat adalah pakaian adat budaya Jawa.
Nasi Tumpeng



Pakaian budaya jawa sering digunakan pada acara-acara tertentu seperti acara pernikahan,acara khitanan,acara bersih desa dan acara acara lainnya yang memiliki kegiatan yang berhubungan dengan kegiatanumum di masyarakat.
Tarian Tradisional di Wisata Andeman

Pada acara rasa terimakasih kepada Tuhan Yang maha Esa yang dilaksanakan di Desa Sanankerto, Turen, Malang pada bulan Oktober 2015 dalam acara yang dinamakan sesucen sedekah bumi dengan 1001 tumpeng,  semua warga yang ikut meramaikan acara ini menggunakan pakaian adat java dan ada juga yang berpakaian adat jawa dengan dihiasi dengan berbagai macam custom agar lebih menarik perhatian. Acara syukuran ini dikenal dengan nama grebek sesucen sedekah bumi dan acara ini diselenggarakan setiap tahun tepatnya setiap bulan suro.
Panita 1001 Tumpeng di Balai Desa Sanankerto
Acara ini dimulai dari Balai desa Sanankerto, semua peserta berkumpul di Balai desa  kemudian berjalan kaki membawa nasi tumpeng menuju wisata alam Boonpring Andeman yang berlokasi kurang lebih 1 km dari balai desa. Pada acara kedatangan dilakukan tabur bunga di Makam mbah Singorejo yang berlokasi disebelah barat kolam renang anak anak, dan acara terakhir di  Wisata Andeman dilakukan berbagai acara seperti tarian tradisional yang akhirnya pada akhir acara semua tumpeng di buka bersama untuk disantap bersama namun sebelumnya dilakukan doa bersama memohon kelancaran atas semua berkah di desa serta bersyukur atas segala nikmat dan rejeki yang diberikan kepada warga desa..
Di Lapangan Wisata Andeman

Rombongan pertama yang berjalan adalah rombongan Kepala Desa beserta semua perangkat dan dibelakangnya diikuti oleh peserta lainnya.
Tarian tradisional di Wisata Andeman

Pada saat berjalan kaki menuju wisata Andeman semua peserta membawa nasi tumpeng sendiri sendiri dengan diikuti oleh berbagai tarian tradisional  baik tarian individu maupun tarian tradisional secara kelompok.

 
Jalan Menuju wisata Andeman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar