Apa itu perencanaan strategis, manfaat, dan tujuan ?
Pengertian Perencanaan Strategis
Proses menentukan arah dan tujuan, serta merumuskan langkah yang diperlukan untuk mencapainya. Proses ini melibatkan analisis internal dan eksternal, serta penetapan visi dan misi.
- Arah jelas >>> fokus pada tujuan yang dicapai dan menghindari penyimpangan.
- Efisiensi dan efektivitas >>> penggunaan sumber daya lebih efisien dan efektif.
- Peluang keberhasilan >>> mengidentifikasi dan mengatasi hambatan yang dapat menghambat pencapaian tujuan.
- Meningkatkan komunikasi >>> melibatkan partisipasi dari berbagai pihak sehingga meningkatkan komunikasi dan kolaborasi.
Tujuan Perencanaan Strategis
- Mencapai tujuan jangka panjang dengan cara yang terstruktur.
- Meningkatkan daya saing dengan mengidentifikasi peluang dan ancaman
- Bisa beradaptasi terhadap perubahan lingkungan yang terjadi.
Contoh Perencanaan Strategis di Masyarakat
Pemerintah desa
Menentukan prioritas pembangunan desa, seperti, Pembangunan infrastruktur, Peningkatan kualitas pendidikan, Pengembangan ekonomi.
Kelompok tani
Meningkatkan hasil panen, meningkatkan akses pasar, dan meningkatkan pendapatan petani.
Lembaga Pendidikan /Sekolah
Meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan prestasi siswa, dan mengembangkan karakter siswa.
Contoh Perencanaan Strategis untuk Mahasiswa
- Visi: >>> Menjadi sarjana berprestasi, memiliki skill di dunia kerja, dan mampu berkontribusi bagi masyarakat.
- Misi: >>> Menempuh pendidikan dengan tekun dan disiplin. Mengikuti pelatihan mengembangkan skill. Membangun jaringan profesional Berpartisipasi kegiatan sosial dan pengabdian masyarakat.
- Strategi:>>> Membuat jadwal belajar efektif , mata kuliah sesuai minat dan bakat. Mencari dosen pembimbing yang memberikan arah dan dukungan. Mengikuti seminar, workshop, Bergabung dengan organisasi kemahasiswaan sesuai minat. Melakukan riset dan publikasi ilmiah. Mengikuti program magang untuk mendapatkan pengalaman kerja.
Contoh Perencanaan Strategis Usaha Cafe
- Visi >>> Menjadi cafe terdepan, menyediakan kopi berkualitas dan suasana nyaman
- Misi >>> Menyediakan kopi berkualitas, harga kompetitif. Menciptakan suasana nyaman bagi pelanggan. pelayanan ramah dan profesional. Membangun komunitas pecinta kopi.
- Strategi >>> Bekerja sama dengan petani kopi lokal untuk mendapatkan biji kopi berkualitas. Menawarkan berbagai menu kopi yang menarik. Merancang interior cafe yang menarik, Menyediakan wifi gratis bagi pelanggan. pelatihan kepada barista untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Membangun komunitas pecinta kopi melalui media sosial
Prinsip- prinsip membuat perencanaan strategis
- Melakukan analisis internal dan eksternal untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.
- Perencanaan strategis harus SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, and Time-bound).
- Perencanaan strategis harus dikomunikasikan kepada semua pihak yang terlibat dan dipantau secara berkala untuk memastikan bahwa tujuan tercapai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar