Senin, 09 November 2015

Perbedaan Esai,Jurnal Ilmiah Dan Makalah



Penelitian-Esai merupakan tulisan yang terdiri dari beberapa paragraf namun pembahasannya hanya pada satu topik dan penilaian dari penulis itu sendiri. Dalam menulis Esai sebaiknya diperhatikan langkah langkanya seperti : tentukan tema, membuat ide yang akan dibahas, pendapat penulis secara singkat, membuat paragraf pertama sebagai pendahuluan artinya mengapa penulis menulis Esai, menuliskan kesimpulan dengan kalimat yang baik sehingga pembaca mengambil manfaat dari tulisan tersebut. Struktur paragraf dalam tulisan Esai sangat sederhana terdiri dari paragraf pendahuluan, paragraf pengembang dan paragraf kesimpulan.



Karya tulis ilmiah populer merupakan sebuah tulisan yang ditulis dengan bahasa populer dan mudah dipahami oleh pembaca. Menurut Gie ( 2002 ), karangan ilmiah populer merupakan karangan ilmiah yang mencakup ciri ciri karangan ilmiah yaitu menyajikan fakta secara cermat, jujur , netral, dan sistematis sedang pemaparannya jelas, ringkas dan tepat.
Dalam menulis karya ilmiah pada dasarnya ada tiga masalah pokok yaitu masalah empiris, masalah retorika dan masalah penguasaan bahasa. Sedangkan tahapan dalam penulisan karya ilmiah populer memiliki beberapa tahapan diantaranya yaitu tahap pra penulisan, tahap inkubasi, tahap iluminasi dan tahap verifikasi atau evaluasi.

Menurut Suseno ( 1982 ) penulisan populer dapat dibedakan menjadi 3 jenis : (1) berdasarkan tujuan terdiri dari (a) eksploratif ( menemukan sesuatu yang baru, menemukan teori baru ) (b) pengembangan dan verikatif ( mengembangkan pengetahuan yang ada dan memverivikasi hasil tulisan yang ada ). (2) berdasarkan analisis (a) deskriptif, tidak menggunakan uji statistik, (b) Analitik ( membuat kesimpulan umum, tidak hanya dengan deskrptif.) (3) berdasarkan kegunaan ( penelitian dasar dan penelitian terapan )

Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah

Artikel merupakan karya ilmiah yang ditulis berdasarkan hasil penelitian dan hasil pemikiran atau kajian pustaka.. Dapat juga di artikan sebagai karya tulis  dari opini dan bersifat aktual untuk memberi informasi kepada pembaca.
Jenis karya ilmiah menurut Rohmanto ( 2008 ) terdiri dari 4 jenis seperti (1) artikel praktik (2) artikel ringan ( 3) artikel halaman opini dan ( 4) artikel analisis ahli.

Langkah langkah dalam menulis artikel adalah (1 ) mencari ide (2) menentukan topik dan ( 3) menetapkan judul
Artikel yang dikembangkan dari hasil penelitian hendaknya memiliki urutan (1) judul artikel ( 2) Nama peneliti ( 3) abstrak dan kata kunci ( 4) pendahuluan ( 5) Metode penelitian ( 6) hasil penelitian dan pembahasan ( 7 ) kesimpulan dan saran serta (8) daftar pustaka.
Sedangkan untuk artikel hasil pemikiran atau kajian pustaka merupakan hasil pemikiran peneliti mengenai permasalahan, secara rinci hendaknya memiliki format (1) judul (2) nama peneliti ( 3) abstrak dan kata kunci ( 4)pendahuluan ( 5 ) pembahasan ( 6 ) penutup dan ( 7 ) daftar pustaka.

Bagaimana Menulis Makalah ?

Menurut Tanjung ( 2000 ) makalah merupakan karya tulis yang memuat pikiran tentang suatu masalah atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan obyektif.
Secara umum makalah yang berkualitas tinggi harus memiliki ciri-ciri umum seperti (1) akurat dn menyeluruh ( 2) memiliki sumber informasi yang baik (3) seimbang ( 4) kreatif (5) penulisanya benar dan (6) tertata dengan baik.
Jenis-jenis makalah terdiri dari (1) Makalah ilmiah (2) Makalah Kerja dan (3) Makalah Kajian. Makalah secara umum terdiri dari bagian awal, bagian inti dan bagian akhir.

Bagian awal makalah terdiri dari ( 1) Lembar judul memuat judul makalah, nama NIM, nama dan tempat perguruan Tinggi dan keterangan untuk apa makalah ditulis dan tahun. ( 2) Kata Pengantar (3) daftar isi (4) daftar gambar jika ada (5) Daftar tabel.

Bagian Inti makalah memuat (1) Pendahuluan meliputi umum, maksud dan tujuan,pendekatan,ruang lingkup, pengertian-pengertian,dan tata urutan (2) Permasalahan dengan kriteria : apakah masalah tersebut bisa dipecahkan, apakah peneliti memiliki kecerdasan untuk memecahkan, apakah masalah tersebut menarik untuk dipecahkan, apakah permasalahan tersebut memberikan sesuatu yang baru apa bila dipecahkan dan untuk memecahkan tersebut cukup dengan data yang tersedia. ( 2 ) Pembahasan (3) kesimpulan dan saran (4 ) penutup
Bagian akhir makalah meliputi : (1) daftar pustaka (2) lampiran-lampiran.

27 komentar:

  1. Have you ever used the help of DigitalEssay.net? They can help you with any type of writing - from personal statement to research paper. Due to this service you'll save your time and get an essay without plagiarism.

    BalasHapus
  2. Congratulations on your article, it was very helpful and successful. 082207e9f99cfd0ccef9d8fcb604c03e
    sms onay
    website kurma
    numara onay

    BalasHapus
  3. Thank you for your explanation, very good content. fc52d237b994b6c7de1e1c638b25e99e
    define dedektörü

    BalasHapus