Kamis, 12 November 2015

Mengapa Mempelajari Akuntansi manajemen ?


Akuntansi

Akuntansi merupakan salah satu bentuk penyediaan informasi kepada pengambil keputusan baik pada lembaga bisnis maupun non bisnis. Dalam dunia bisnis pengambil keputusan adalah manajemen perusahaan dan sering disebut sebagai pengelola perusahaan.  




Akuntansi sendiri secara sederhana dapat   didefinisikan sebagai bentuk pencatatan yang disusun sedemikian rupa sehingga menjadi laporan keuangan. Dalam laporan keuangan secara umum terdiri dari tiga hal antara lain
  1. Laporan rugi laba 
  2. Laporan perubahan modal 
  3. Laporan neraca. 

Manfaat dari penyusunan  laporan keuangan 

  1. Mengetahui tentang kinerja perusahaan
  2. Membantu dalam mengambil keputusan dan pengawasan dalam kegiatan operasional perusahaan sehari hari.
Dengan demikian secara  mudah akuntansi manajemen adalah  bagian  dari akuntansi yang berhubungan dengan  identifikasi,   pengukuran komunikasi informas  akuntansi kepada pihak manajemen  dengan tujuan untuk melihat perencanaan dimasa yang akan datang.  

Dengan akuntansi manajemen maka segala informasi yang akan dikerjakan dimasa depan akan tersaji pada data akuntansi manajemen. Akuntansi manajemen juga memiliki perbedaan serta  persamaan dengan akuntansi keuangan.

Perbedaan antara akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan 

  1. Bila akuntansi keuangan digunakan untuk kepentingan pihak eksternal perusahaan seperti pemegang saham, pajak dan lain lain
  2. Akuntansi manajemen digunakan untuk kepentingan internal dalam rangka perencanaan strategi di kemudian hari.  
  3. Persamaan akuntansi manajemen dan akuntansi  keuangan adalah kedua nya bersumber pada  sistem informasi akuntansi.

Akuntansi manajemen secara defakto harus memiliki hubungan dengan fungsi perencanaan, fungsi organisasi , fungsi sistem manajemen dan fungsi operasional . Dengan demikian fungsi yang ada akan berjalan dengan baik sesuai prosedur serta mudah dalam pengawasan. 
Untuk bisa berlangsung dengan baik semua aktivitas perusahaan  maka harus bisa mengklasifikasi  mengenai biaya baik berhubungan dengan  fungsi biaya itu sendiri maupun berhubungan dengan  unsur unsur biaya.. 

Fungsi biaya antara lain meliputi biaya yang digunakan untuk produksi ( biaya untuk membuat barang) , biaya pemasaran ( biaya untuk menjual barang ), biaya administrasi ( biaya untuk menjalankan kebijaksanaan ) dan biaya keuangan ( biaya yang dikaitkan dengan mencari dana ). 

Sedangkan biaya dilihat dari unsur-unsur dapat digolongkan menjadi 

  1. Beban langsung ( bahan baku yang integral dengan produk jadi )
  2. Upah langsung. ( tenaga kerja berhubungan dengan keperluan produk jadi ).
  3. Biaya umum produk, mencakup segala bahan, upah tidak langsung serta biaya produksi tidak langsung yang dapat dibebankan pada produk tertentu. 

Disamping biaya berhubungan dengan fungsi dan unsur –unsur  juga dapat berhubungan dengan departemen  seperti departemen Produksi, yaitu departemen dimana unit yang memiliki  kegiatan yang dilaksanakan  atas suatu komponen serta departemen pelayanan, dimana departemen ini adalah unit yang tidak langsung terlibat dlm kegiatan produksi 

Biaya dapat juga berhubungan dengan volume dan dibedakan menjadi biaya variabel dan biaya biaya tetap. Biaya variabel artinya biaya yang akan berubah secara proporsional,Biaya variabel juga merupakan biaya yang terkendali artinya biaya yang dapat dipengaruhi oleh manajemen, sedangkan biaya tetap adalah biaya yang tidak berubah walaupun volume mengalami perubahan. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar