Rabu, 27 November 2019

Pengembangan Sistem Mutu Manajemen Operasional Pada Usaha UMKM (PPL Bab1-IV)

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). 
Pada kalangan mahasiswa, menjelang masa berakhirnya studi, akan melakukan kegiatan lebih dulu di lapangan dalam bentuk magang sebelum membuat laporan penelitan akhir.  Salah satu bentuk kegiatan tersebut adalah dengan melakukan magang pada sebuah instansi selama beberapa waktu yang telah ditentukan, dan setelah itu melaporkan hasil magang dalam bentuk karya ilmiah.



Salah satu perguruan tinggi yang mengharuskan magang adalah STIE Indocakti Malang, dimana mahasiswa sebelum melakukan penelitian akhir harus melaksanakan magang dan melaporkan hasil kegiatan magang tersebut dalam bentuk sistem mutu manajemen, baik sistem mutu pemasaran, Keuangan, produksi/operasional maupun sumber daya manusia.

Sistem mutu manajemen secara sederhana dapat diartikan sebagai bagian dari pengelolaan prosedur terdokumentasi tentang aktivitas yang akan dilakukan pada praktek dilapangan dalam menjamin kesesuaian antara proses input dengan out  terhadap kebutuhan yang diperlukan.

Pada Laporan magang yang berbasis sistem mutu yang dilaporkan dalam bentuk karya ilmiah harus disertakan  hasil sistem mutu yaitu dalam bentuk Standard Operational Proccedure (SOP). SOP secara sederhana merupakan langkah-langkah mengenai prosedur kerja yang tertulis dan terdokumentasi dalam perusahaan agar hasil yang dicapai sesuai dengan perencanaan yang diinginkan.

Untuk lebih memahami laporan magang berbasis sistem mutu dapat di dilihat pada Contoh Bab I dan Bab IIContoh bab III , Contoh Bab IV


Tidak ada komentar:

Posting Komentar