Minggu, 04 Februari 2018

Hubungan Anggaran Penjualan Dan Anggaran Produksi

Anggaran – Anggaran penjualan merupakan anggaran yang menerangkan secara detail tentang rencana penjualan perusahaan dimasa yang akan datang dimana didalamnya tercantum data data mengenai : jenis barang, jumlah, harga, dan waktu serta tempat barang untuk dijual. Anggaran penjualan sebagai dasar dari penyusunan anggaran lainnya. Anggaran penjualan menggambarkan tingkat laba yang akan peroleh pada masa yang akan datang.



Namun demikian beberapa masalah yang harus diperhatikan dalam menyusun anggaran penjualan adalah :produk apa yang akan dijual., berapa biaya yang dikeluarkan, dan Berapa harga produk agar mendapatkan keuntungan.


Dengan mengetahui permasalahan awal dalam menyusun anggaran penjualan maka akan dapat mengetahui tujuan utama anggaran penjualan antara lain yaitu : Mengurangi kerugian dimasa depan, keputusan manajemen dalam proses perencanaan, sebagai informasi dalam mencapai keuntungan dan mempermudah pengendalian penjualan. 

Mengapa menyusun Anggaran Penjualan ?
Banyak faktor penyebab dari dibuatnya anggaran penjualan dalam perusahaan antara lain karena luasnya area penjualan, persaingan semakin luas, sifat konsumen yang sering berubah sesuai dengan tingkat perkembangan individu. Disamping itu ada faktor internal akibat dibuatnya anggaran penjualan yaitu : Kemampuan finansial perusahaan, dan jumlah karyawan.

Sedangkan konsep yang harus diperhatikan dalam penyusunan anggaran penjualan antara lain : Harus disusun tujuan perusahaan,, strategi perusahaan dan forecast penjualan 

Dalam menyusun anggaran penjualan dan anggaran lain yang terkait dengan penjualan yaitu, Anggaran promosi dan advertensi, Anggaran biaya penjualan dan rencana pemasaran.

Menyusun anggaran penjualan harus dilakukan dengan cermat mengingat penjualan adalah tujuan utama didiirikannya perusahaan. Beberapa tahapan yang harus diperhatikan dalam penyusunan rencana penjualan adalah menentukan variabel yang mempengaruhi penjualan. Menentukan besarnya rencana penjualan, melakukan analisis bidang industry, menyusun forecast penjualan, menentukan jumlah penjualan , dan menghitung rugi/ laba. Sedangkan pedoman yang harus diperhatikan dalam Anggaran Penjualan adalah penjualan dirinci menurut bulan, semester dan tahunan. penjualan dirinci menurut jenis-jenis produk, dan penjualan dilakukan menurut daerah penjualan

Adakah Hubungan Anggaran Penjualan Dengan Anggaran Produksi ? 
Anggaran produksi sebagai penjabaran dari rencana penjualan menjadi rencana produksi , meliputi perencanaan mengenai volume produksi, kebutuhan persediaan , bahan baku, tenaga kerja, dan kapasitas produksi. Oleh karena itu untuk menyusun anggaran produksi diperlukan berbagai data seperti : Estimasi jumlah unit yang akan dijual , Estimasi jumlah persediaan barang jadi akhir pada periode mendatang dan Estimasi jumlah persediaan barang jadi di awal periode mendatang.

Untuk Apa Menyusun Anggaran Produksi ?
Dengan menyusun Anggaran Produksi maka manfaat yang akan diperoleh antara lain : anggaran penjualan menunjang kegiatan bagian penjualan, sehingga barang tersedia sesuai dengan rencana, menjaga tingkat persediaan yang optimal, mengatur produksi sehingga biaya menjadi efisien. Namun demikian ada beberapa faktor yang mempengaruhi anggaran produksi dan sangat perlu diperhatikan yaitu : Jumlah rencana penjualan, Kapasitas mesin, tenaga kerja berkualitas, stabilitas bahan baku dan modal kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar