Sabtu, 04 Mei 2024

Contoh Artikel Kewirausahaan Mahasiswa




ARTIKEL KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA

OPTIMALISASI PROMOSI ANTAR PERSONAL PADA UMKM LAUNDRY SEPATU LONEWOLF SHOESCARE MALANG






Oleh:

DIONISIUS YOSAN CAHYONUGROHO
(202010100137)


PROGRAM STUDI S1 MANAJEMEN
STIE INDOCAKTI MALANG

--------------------------------------------------------------------------------



ABSTRAK : Laporan  ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai promosi pada usaha LAUNDRY SEPATU LONEWOLF SHOESCARE  agar memahami pemasaran yang akurat untuk meningkatkan penjualan serta mempermudah kegiatan operasional 

Metode yang digunakan dalam laporan  ini adalah laporan nyata kegiatan yang dilakukan pada LAUNDRY SEPATU LONEWOLF SHOESCARE.

Hasil dari laporan  ini menunjukkan bahwa promosi sangat diperlukan untuk memasarkan produk dan memahami karakter pelanggan sehingga nantinya ada pengembangan produk lebih lanjut

----------------------------------------------------------------------------------------------------------




PENDAHULUAN


    Sepatu merupakan salah satu alas kaki yang kerap kali dikenakan di era modern ini. Banyak kegiatan dan aktifitas yang menuntut seseorang untuk mengenakan sepatu, seperti saat menghadiri acara formal.
Seiring berkembangnya zaman, sepatu mulai beralih dari yang awalnya hanya merupakan alas kaki semata kini menjadi salah satu bagian dari tren sosial masyarakat. Dengan berbagai macam motif, bentuk, dan warna, sepatu seolah-olah menghipnotis para penggunanya untuk memadu-padankan dengan pakaian yang mereka kenakan sebagai bagian dari model fashion.
    Dengan banyaknya sepatu yang diperjualbelikan dan dipakai, tentunya menjadi peluang yang bagus untuk sebuah usaha yang berkaitan dengan perawatan dan pencucian sepatu. Hal ini tidak lepas kaitannya dengan kesibukan, dan kebiasaan masyarakat Indonesia yang umumnya kurang bisa menyisakan waktu untuk membersihkan sepatu yang mereka kenakan.\
Berawal dari masalah kecil tersebut, maka didirikan sebuah usaha laundry sepatu bernama LoneWolf Shoescare pada Mei 2021. LoneWolf Shoescare secara khusus didirikan untuk menawarkan jasa perawatan sepatu.
    Dalam prosesnya, sebuah usaha akan melakukan riset mengenai efektifitas operasional usaha guna menunjang perkembangan dan keberlangsungan sebuah usaha tersebut. Salah satu konsep yang dipakai kemudian adalah pendekatan konsumen dengan tipikal kelompok. Aspek Pemasaran akan erat kaitannya dengan konsumen kelompok, dikarenakan konsumen kelompok memiliki keunggulan kuantitas dan terpusat pada 1 lingkup yakni kelompok itu sendiri.
Dalam upaya meningkatkan pelanggan maka diperlukan pendekatan individu baik itu kelompok maupun organisasi dalam rangka meningkatkan volume usaha. Salah satu usaha yang diperlukan dengan cara mengunjungi kelompok atau organisasi olahraga.
    Salah satu usaha yang saat ini meningkat adalah usaha Laundry Sepatu LoneWolf Shoescare, dimana promo melalui medsos juga sudah dilakukan dan juga kunjungan ke kelompok atau organisasi olah-raga di areal lokasi usaha juga sudah sebagian dilaksanakan.
    Dari pernyataan di atas maka pelaporan ini mengambil judul “Optimalisasi Promosi Antar Personal pada UMKM Laundry Sepatu LoneWolf Shoescare Malang.”

 

RUMUSAN MASALAH

Bagaimana optimalisasi promosi antar personal pada UMKM Laundry Sepatu LoneWolf Shoescare?

TUJUAN

Mengetahui optimalisasi promosi antar personal pada UMKM Laundry Sepatu LoneWolf Shoescare.

 

MANFAAT


1. Bagi Usaha LoneWolf Shoescare 
  1. Konsumen Kelompok memiliki keunggulan kuantitas
  2. Optimalisasi kinerja dan efisiensi waktu

2. Bagi STIE Indocakti Malang

  1. Mencetak sarjana yang memiliki jiwa wirausaha yang kreatif dan kompeten
  2. Menjadi referensi baru bagi para calon wirausahawan yang memiliki minat melakukan pendekatan pemasaran yang efektif terhadap konsumen kelompok

3. Bagi Masyarakat Umum
  1. Terfasilitasi dengan baik mengenai metode pemasaran dan pelayanan yang terpusat pada 1 titik.
  2. Penyampaian informasi layanan jasa akan lebih efektif diterima oleh masyarakat.

DEFINISI ISTILAH

Dalam artikel ini akan membahas mengenai optimalisasi promosi antar kelompok pada UMKM Laundry Sepatu LoneWolf Shoescare Malang.

1. Pengertian Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan pembeli dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi.


2. Promosi

Promosi adalah salah satu bentuk umum dari aspek pemasaran untuk memperkenalkan produk pada konsumen.


3. Antar Personal

Salah satu cara promosi yang erat hubungannya dengan komunikasi memperkenalkan produk dengan cara berbicara person to person.


4. UMKM

Usaha Mikro Kecil dan Menengah adalah Usaha Produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro, kecil dan menengah


5. Pengertian Laundry Sepatu

Konsumen adalah istilah untuk menyebutkan salah satu pihak yang terlibat dalam kegiatan ekonomi yang berperan sebagai pemakai barang atau jasa dari suatu produk atau layanan.


 --------------------------------------------------------------------------------------------------------------






TINJAUAN PUSTAKA

Promosi

Pengertian Promosi

    Menurut Laksana (2019:129) “promosi adalah suatu komunikasi dari penjual dan pembeli yang berasal dari infromasi yang tepat yang bertujuan untuk merubah sikap dan tingkah laku pembeli, yang tadinya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga menjadi pembeli dan tetap mengingat produk tersebut. Sedangkan menurut Kotler & Armstrong dalam Ridwansyah (2017:52) mengemukakan bahwa “Promosi adalah alat atau aktifitas yang digunakan oleh perusahaan untuk mengomunikasikan nilai pelanggan.”

    Berdasarkan penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan promosi merupakan kegiatan yang sangat penting dalam memasarkan produk atau jasa sehingga dapat menarik untuk membeli produk tersebut. Kegiatan promosi harus dirancang semenarik mungkin dan informasi yang disampaikan harus mudah dan dimengerti oleh masyarakat agar orang yang membacanya dapat tertarik dan mudah mengerti.

Manfaat Promosi

    Menurut Rohaeni dalam (Arieca, 2002) menyatakan bahwa, “Promosi sangatlah penting dalam memperkenalkan sebuah produk dan juga menarik minat konsumen untuk membeli produk tersebut. Karena dengan promosi, konsumen akan lebih mengenal tentang produk yang dihasilkan oleh perusahaan.”

 

Tujuan Promosi

Setiap perusahaan yang melakukan kegiatan promosu tentu tujuan utamanya adalah mencari laba, menurut Tjiptono (2015, p.387), pada umumnya kegiatan promosi harus berdasarkan pada tujuan sebagai berikut :


a. Menginformasikan

Kegiatan promosi yang bertujuan untuk berusaha menginformasikan konsumen akan merek atau produk tertentu baik itu produk maupun merek baru atau produk dan merek yang sudah lama tetapiu belum luas terdengar oleh konsumen.

b. Membujuk

Kegiatan promosu yang bersifat membujuk dan mendorong konsumen untuk melakukan pembelian atas produk yang ditawarkan. Perusahaan lebih mengutamakan penciptaan kesan positif kepada konsumen agar promosu dapat berpengaruh terhadap perilaku pembeli dalam waktu yang lama.

c. Mengingatkan

Kegiatan promosi yang bersifat mengingatkan ini dilakukan untuk mempertahankan merek produk di hati masyarakat, dan mempertahankan pembeli yang akan melakukan transaksi pembelian secara terus-menerus.

 

 Komunikasi Antar Pribadi

   Pengertian Komunikasi Antar Personal / Antar Pribadi

Komunikasi antar pribadi adalah komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan setiap pesertanya menangkap reaksi orang lain secara langsung, baik secara verbal atau nonverbal. Bentuk khusus dari komunikasi antar pribadi adalah komunikasi diadik yang melibatkan hanya dua orang. Contohnya seperti suami istri, dua sejawat, dua sahabat dekat, guru-murid, dan sebagainya.

Dalam berkomunikasi antar pribadi aspek espektasi pribadi merupakan faktor penting yang mempengaruhi berlangsungnya komunikasi. Pesan yang disampaikan dalam komunikasi antar pribadi tidak hanya berupa kata-kata atau pesan verbal, melainkan juga pesan-pesan non verbal. Oleh karena itu dalam komunikasi antar pribadi pesan disampaikan dalam bentuk sentuhan, pandangan mata, mimik wajah atau intonasi dalam penyampaian kata-kata.

Pengertian mengenai komunikasi antar pribadi dalam perkembangan zaman semakin berkembang. Proses komunikasi yang dahulu harus bertatap muka, sekarang dengan perkembangan teknologi pola komunikasi tersebut mulai bergeser dengan adanya media komunikasi seperti handphone dan lain sebagainya.

 

Manfaat Komunikasi Antar Personal / Antar Pribadi

Komunikasi antarpribadi sangat potensial untuk menjalankan fungsi instrumental sebagai alat untuk mempengaruhi atau membujuk orang lain, karena kita dapat menggunakan kelima alat indera kita untuk memberikan stimuli sebagai daya bujuk pesan yang kita komunikasikan kepada komunikan. Sebagai komunikasi yang paling lengkap dan paling lengkap dan paling sempurna, komunikasi antarpribadi berperan penting hingga kapanpun, selama manusia masih mempunyai emosi. Fungsi komunikasi antar pribadi, sebagai berikut : Berusaha meningkatkan hubungan insani, menghindari dan mengatasi konflik-konflik pribadi, mengurangi ketidakpastian sesuatu, berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan orang lain.

Tujuan Komunikasi Antar Pribadi / Antar Personal

Komunikasi antarpribadi merupakan action oriented, ialah suatu tindakan yang berorientasi pada tujuan tertentu. Tujuan komunikasi antarpribadi sebagai berikut:    

    1. Mengungkapkan perhatian kepada orang lain.Salah satu tujuan komunikasi antarpribadi adalah untuk mengungkapkan perhatian kepada orang lain. Dalam hal ini seseorang berkomunikasi dengan cara menyapa, tersenyum, melambaikan tangan, membungkukkan badan,
    2. Menemukan diri sendiri.Artinya, seseorang melakukan komunikasi antarpribadi karena ingin mengetahui dan mengenali karakteristik diri pribadi berdasarkan informasi dari orang lain. Komunikasi antarpribadi memberikan kesempatan kepada kedua belah pihak untuk berbicara tentang apa yang disukai dan apa yang dibenci.
    3. Menemukan dunia luar. Dengan komunikasi antarpribadi diperoleh kesempatan untuk mendapatkan berbagai informasi dari orang lain, termasuk informasi penting dan aktual.
    4. Membangun dan memelihara hubungan yang harmonis. Sebagai makhluk sosial, salah satu kebutuhan setiap orang yang paling besar adalah membentuk dan memelihara hubungan baik dengan orang lain.
    5. Mempengaruhi sikap dan tingkah laku.Komunikasi antarpribadi ialah proses penyampaian suatu pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu atau mengubah sikap, pendapat atau perilaku baik secara langsung maupun tidak langsung.

 

UMKM

 Pengertian UMKM

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki definisi yang berbeda pada setiap literatur menurut beberapa instansi atau lembaga bahkan undang-undang. Sesuai dengan Undang-Undang nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, UMKM didefinisikan sebagai berikut:

    1. Usaha mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini.
    2. Usaha Kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari Usaha Menengah atau Usaha Besar yang memenuhi kriteria Usaha Kecil sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang ini.
    3. Usaha Menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, ataupun menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Kecil atau Usaha Besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini.

.Manfaat  UMKM

    Lazimnya sebagai aktivitas ekonomi, UMKM akan memberi keuntungan finansial bagi pemiliknya. Namun, ternyata pengaruhnya tidak hanya sesederhana itu. Selain memberi kesejahteraan bagi individu pemilik, UMKM juga memberi pengaruh finansial yang positif bagi lingkungannya. UMKM terbukti menyerap banyak tenaga kerja, terutama di bagian sektor informal. Hal tersebut secara otomatis mengurangi angka kemiskinan yang ada pada masyarakat kelas bawah.

  Peranan dan Tujuan adanya UMKM

    Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia memiliki peranan penting dalam perekonomian nasional, terutama dalam kontribusinya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Mengingat pentingnya peranan UMKM dibidang ekonomi, sosial dan politik, maka saat ini perkembangan UMKM diberi perhatian cukup besar diberbagai belahan dunia.

    Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mempunyai peranan yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, UMKM juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan.UMKM diharapkan mampu memanfaatkan sumber daya nasional, termasuk pemanfaatan tenaga kerja yang sesuai dengan kepentingan rakyat dan mencapai pertumbuhan ekonomi yang maksimum. Rahmana (2009) menambahkan UMKM telah menunjukkan peranannya dalam penciptaan kesempatan kerja dan sebagai salah satu sumber penting bagi pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB).Usaha kecil juga memberikan kontribusi yang tinggi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia di sektor-sektor industri, perdagangan dan transportasi.

 

Laundry

Pengertian Laundry Sepatu

    Laundry atau yang dikenal juga dengan istilah binatu merupakan kegiatan industri rumah tangga yang bergerak dibidang jasa pencucian baju, karpet, jas, sepatu dan gaun (Kaelola, 2010). Proses di industri rumah tangga laundry adalah penimbangan, pengumpulan dan pengkodean, pemisahan, perendaman, pencucian, pembilasan, pengeringan, penjemuran, penyetrikaan dan pengemasan, serta pengantaran. Untuk Laundry Sepatu, diperuntukkan bagi jasa penatu yang melayani hal-hal binatu yang berkaitan dengan sepatu dengan menyediakan pelayanan berupa pembersihan, pencucian, dan pengeringan.


 Manfaat Laundry Sepatu

    Laundry Sepatu secara umum menawarkan jasa pencucian dan pembersihan sepatu. Sepatu secara harfiah juga bukanlah benda yang tidak memerlukan perawatan, oleh karena itu sepatu haruslah mendapatkan perawatan yang optimal, salah satunya dengan mencuci sepatu dengan menggunakan jasa laundry sepatu.

    Pada jasa laundry sepatu akan dilakukan perawat optimal yang mana akan memperpanjang masa pakai sepatu tersebut sesuai dengan estimasi setelah produksi. Dengan memanfaatkan jasa laundry sepatu, masyarakatpun akan dengan mudah untuk mendapatkan hasil yang optimal mengenai masa pakai sepatu.


 Tujuan Laundry Sepatu

    Adanya usaha laundry di masyarakat cukup membantu di tengah kesibukan yang ada saat ini. Kehidupan sehari-hari kerap kali menyita waktu yang dimiliki manusia. Luaundry secara umum, dan laundry sepatu secara khusus ada memberikan jasa mengenai pembersihan dan perawatan yang tepat sasaran.

    Tujuan adanya Laundry sepatu ialah mempersingkat kegiatan masyarakat karena pada dasarnya, melakukan pembersihan terhadap sepatu memerlukan waktu yang relatih lama, sehingga laundry akan sangat membantu masyarakat.

 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------


METODE PELAKSANAAN


SASARAN

    Usaha LoneWolf Shoescare melayani berbagai jasa yang berhubungan saja dengan perawatan sepatu. Ada beberapa perawatan yang ditawarkan, mulai dari cuci, re-glue (pengeleman ulang pada sol sepatu), re-paint (pewarnaan ulang pada sole sepatu yang telah berubah warna, deep cleaning (perawatan sepatu secara menyeluruh yang mengedepankan aspek kebersihan pada bahan).

    Dalam perjalanannya, LoneWolf Shoescare berhasil mencapai kesepakatan untuk kerjasama dengan kelompok basket Kolese Santo Yusup. Kerjasama ini tercipta dengan menggunakan metode pemasaran antar pribadi/antar personal dengan mempertimbangkan bahwa generasi muda banyak terlibat dalam hal yang berhubungan dengan fashion secara khusus pada model sepatu basket yang telah memiliki berbagai macam motif dan model dari brand-brand ternama.


METODE KEGIATAN

    Pemasaran menjadi aspek utama dalam mengenalkan sebuah brand, dalam upaya itu beberapa hal telah dilakukan LoneWolf Shoescare, salah satunya dengan cara melakukan pemasaran antar personal atau antar pribadi. Metode pemasaran ini mengedepankan pembicaraan secara langsung kepada konsumen dan calon konsumen. Beberapa hal yang dibahas tidak jauh dari kualitas layanan, memperkenalkan brand LoneWolf Shoescare, serta menjaring beberapa orang di komunitas tersebut untuk menggunakan layanan yang tersedia. Selain itu, testimoni dari para konsumen yang berada di komunitas sama menjadi salah satu poin penting untuk memperkuat pernyataan-pernyataan yang dibuat pada saat melakukan kegiatan pemasaran.

    Saat melakukan kegiatan pemasaran, media yang dipergunakan adalah brosur. Kebutuhan manusia secara audiovisual adalah hal penting yang dapat menjadikan kegiatan pemasaran menjadi lebih optimal. Dari Brosur yang ada, dan dengan metode komunikasi non-formal diharapkan mampu menarik minat calon konsumen dalam satu komunitas yang sama tersebut.

 LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN

    Sesuai dengan konsepnya yang mana merupakan metode pemasaran antar-personal, penyedia jasa akan terjun langung ke lapangan untuk menjalin kontak dengan calon konsumen. Dalam kasus yang ada pada LoneWolf Shoescare, penyaringan calon konsumen dilakukan dengan mempertimbangkan kerja sama yang telah terjalin antara penyedia jasa dengan konsumen kelompok, berikut adalah langkah-langkah kegiatan yang dilakukan:

  1. Dalam jeda waktu antara menunggu pick-up service, melakukan komunikasi dengan calon konsumen,
  2. Melakukan pembahasan seputar sepatu sekaligus mengedukasi pentingnya melakukan pembersihan sepatu guna mengoptimalkan masa pakai sepatu,
  3. Memperlihatkan hasil jasa layanan sesuai dengan kualitas yang dibicarakan pada saat berkomunikasi dengan calon pelanggan.

 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------


HASIL DAN PELAKSANAAN

KEGIATAN OPERASIONAL USAHA

    LoneWolf Shoescare merupakan sebuah usaha pelayanan jasa yang bergerak di bidang laundry sepatu. Memiliki berbagai layanan seperti re-glue (pengeleman ulang pada sol sepatu), re-paint (pewarnaan ulang pada sole sepatu yang telah berubah warna, deep cleaning (perawatan sepatu secara menyeluruh yang mengedepankan aspek kebersihan pada bahan).

    Mengenai peningkatan konsumen pasca melakukan metode promosi antar-personal jumlahnya naik hari demi hari namun tidak terlalu signifikan. Pada pendekatan metode promosi antar personal, probabilitas atau kemungkinan pertambahan jumlah konsumen akan dipengaruhi oleh seberapa banyak calon konsumen yang melakukan kontak dengan penyedia jasa. Dari komunikasi intens dan juga brosur yang ditunjukkan sebagai media pendukung diharapkan akan lebih efektif lagi metode pemasaran untuk menambah jumlah konsumen dalam komunitas tersebut.


HASIL KEGIATAN

    Metode Promosi Antar Personal yang dilakukan bisa menjadi efektif dan tidak efektif. Efektif apabila menargetkan pangsa pasar yang ada dalam komunitas yang sudah bersepakat terlebih dahulu dengan LoneWolf Shoescare, dan tidak efektif apabila metode promosi antar personal dilakukan dengan calon konsumen di luar grup. 
    Penggunaan brosur dengan desain yang simpel memiliki daya tarik tersendiri bagi banyak calon konsumen yang lebih mengedepankan informasi dan layanan yang diberikan. Dengan menggunakan pendekatan audio-visual para calon konsumen akan lebih optimal merekam apa yang mereka dapatkan, diantaranya adalah informasi yang disampaikan oleh pihak LoneWolf Shoescare, juga bentuk visual brosur yang turut dibawa sebagai media yang dipergunakan untuk menghubungkan metode promosi antar personal tersebut kepada kebutuhan visual manusia.

FAKTOR PENDUKUNG KEGIATAN
    1. Adanya kesepakatan dengan Kosayu Basketball Team memudahkan pihak LoneWolf Shoescare untuk menganalisa potensi calon konsumen yang ada di dalam lingkup tersebut,
    2. Pihak LoneWolf Shoescare sudah mengenal lingkup kelompok tersebut dengan baik dikarenakan pemilik memiliki relasi pekerjaan yang baik dengan pengelola kelompok basket tersebut,
    3. Mempresentasikan apa yang diyakini baik akan membuat presentator lebih percaya diri dengan apa yang ingin dia kemukakan kepada calon konsumen

FAKTOR PENGHAMBAT KEGIATAN

  1. Kondisi dan status usaha yang masih merintis menjadi rintangan tersendiri bagi pemilik mengingat usaha ini bukan kegiatan satu-satunya yang dijalankan,
  2. Komunikasi dengan para calon konsumen yang kebanyakan adalah pemain basket di kelompok tersebut akan terbatas mengingat pihak LoneWolf Shoescare hanya bisa berkomunikasi saat sebelum latihan, saat istirahat latihan, dan selesai latihan,
  3. Pemasaran Antar Personal ini juga memiliki hambatan lain yakni sukses atau tidaknya pertumbuhan usaha akan dipengaruhi berapa banyak pihak LoneWolf Shoescare melakukan kegiatan tersebut dengan waktu yang terbatas.

PEMBAHASAN

  1. Metode Pemasaran Antar Personal akan tetap dilakukan karena memberikan hasil yang efektif terhadap pertumbuhan jumlah konsumen di LoneWolf Shoescare
  2. Promosi dengan media brosur yang berjalan lancar dan mempermudah proses promosi kepada calon konsumen
  3. Kegiatan promosi antar personal akan lebih efektif apabila berkoordinasi dengan pengelola agar bisa mendapatkan waktu untuk membuat kontak dengan calon konsumen.

 

----------------------------------------------------------------------------------------------------------


KESIMPULAN DAN SARAN


KESIMPULAN


    Usaha LoneWolf Shoescare melayani berbagai jasa yang berhubungan saja dengan perawatan sepatu. Ada beberapa perawatan yang ditawarkan, mulai dari cuci, re-glue (pengeleman ulang pada sol sepatu), re-paint (pewarnaan ulang pada sole sepatu yang telah berubah warna, deep cleaning (perawatan sepatu secara menyeluruh yang mengedepankan aspek kebersihan pada bahan).

    Metode Pemasaran Antar Personal dalam usaha ini turut serta menjadi faktor penting. Mulai dari komunikasi intens dan juga brosur yang ditunjukkan sebagai media pendukung diharapkan akan lebih efektif lagi metode pemasaran untuk menambah jumlah konsumen dalam komunitas tersebut. Metode Promosi Antar Personal yang dilakukan bisa menjadi efektif dan tidak efektif. Efektif apabila menargetkan pangsa pasar yang ada dalam komunitas yang sudah bersepakat terlebih dahulu dengan LoneWolf Shoescare, dan tidak efektif apabila metode promosi antar personal dilakukan dengan calon konsumen di luar grup.

SARAN


    LoneWolf Shoescare dalam perjalanannya memiliki beberapa hambatan yang salah satunya adalah keterbatasan waktu. Untuk menanggulangi hal tersebut ada baiknya pemilik usaha menjalin komunikasi dan mengolah informasi yang ada untuk memanfaatkan waktu yang ada menjadi lebih efisien. Menggunakan indikator-indikator pendukung yang baik dan sesuai akan membuat hambatan yang ada bisa diminimalisir dengan baik.

 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------


DAFTAR PUSTAKA


Hasibuan, A., Purnomo, A., Nurofik, A., Sudarso, A., Faried, A. I., Saputra, D. H., ...     & Hastuti, P. (2021). Kewirausahaan dan UMKM.

Kasiyati, S. B., Setyowati, E., & Santoso, R. (2022). Berwirausaha Melalui Laundry     Sepatu di SMP 17 Agustus 1945, Nginden Semolo, Menur Pumpungan, Kota         Surabaya. Abdi Moestopo: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 118-126.

Sulistiani, S. (2016). Pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan         pembelian yang berdampak pada loyalitas pelanggan pada produk hydro coco         Pt kalbe farma (Doctoral dissertation, Universitas Pamulang).

Sitorus, R. M. T. (2020). Pengaruh Komunikasi Antarpribadi Pimpinan Terhadap             Motivasi Kerja. Scopindo Media Pustaka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar