Selasa, 27 Oktober 2015

Unsur Unsur Dalam Manajemen Strategi


General manager merupakan pemain utama dalam proses manajemen strategis. General manager adalah wiraswastawan, perencana strategi, pembentuk organisasi, pemimpin dan pengendali utama.

Peranan General Manager.
Peranan antar pribadi yaitu melaksanakan tugas ceremony rutin bersifat resmi dan social dengan tujuan untuk mengenalkan perusahaan pada orang lain. Sebagai peimimpin general manajer bertanggung jawab menetapkan staff organisasi serta melatih dan memotivasi bawahan. Sebagai penghubung general manager menjaga jaringan keluar untuk mendapatkan peluang dan informasi.
Peranan informative yaitu memainkan peranan sebagai pemanatau dan membaca laporan manager dan mengikuti pertemuan untuk mencari informasi mengenai organisasi dan lingkungannya.
Peranan pengambil keputusan yaitu melakukan fungsi strategis memulai proyek untuk memanfaatkan peluang yang ada.




Perencana Strategi dan Kegagalan
Berbagai analisis telah menemukan kegagalan perencana strategi karena melakukan strategi yang salah. ( Lawrence. R. Jauch.1995: )
1. Perusahaan akan gagal kalau perencana strategi yang berkuasa menciptakan strategi yang terlalu berambisi dan kurang berhati hati tidak mengindahkan gejala lingkungan.
2. Perusahaan akan gagal kalau perencana strategi yang berkuasa menolak mengubah strategi lama.
3. Perusahaan akan gagal kalau perencana strategi tidak menciptakan strategi.

Misi Dan Tujuan.
Dua pertanyaan yang dihadapi perencana strategi adalah : Bidang usaha apa yang sedang dijalani dan mengapa masuk pada bidang usaha ini.
Agar tetap dapat mempertahankan hidupnya perusahaan harus memiliki legitimasi. Perusahaan yang dianggap sudah memiliki legitimasi adalah perusahaan yang sudah dihargai masyarakat.

Misi dan tujuan adalah sasaran dari sebuah perusahaan. Misi dapat dipandang sebagai mata rantai antara melaksanakan fungsi social dan tujuan perusahaan. Misi dan tugas harus jelas agar dapat menjamin pelaksanaan. Perusahaan harus menetapkan sasaran kusus yang dapat digunakan sebagai penuntun dan petunjuk untuk menilai keberhasilan.

Tujuan Apa Yang Ingin Dicapai ?
Tujuan adalah hasil akhir yang akan dicapai perusahaan. Hal hal penting yang harus diperhatikan pada tujuan adalah:
Semua perusahaan memiliki lebih dari satu tujuan, kecuali perusahaan yang sangat sederhana. Banyak perusahaan memiliki tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Perencana strategi memiliki peran dalam menentukan tujuan. Banyak cara mengukur dan menentukan keberhasilan dari tujuan.
Terdapat perbedaan antara tujuan operatif dan tujuan. Tujuan operatif adalah tujuan sesunggunya yang akan dicapai perusahan. Tujuan ini dapat ditentukan dengan menganalisis perilaku eksekutif dalam mengalokasikan sumber daya. Tujuan resmi adalah tujuan perusahaan yang masih akan diusahakan pada kesempatan umum biasanya disampaikan pada rapat umum. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa tujuan bukanlah strategi. Strategi adalah sarana untuk mencapai hasil akhir.

Mengapa Perusahaan Memiliki Tujuan ? ( Jauch. 1995 )
Tujuan membantu mendefinisikan perusahaan dalam lingkungannya. Tujuan membantu mengkoordinsi keputusan dan pengambil keputusan. Tujuan merupakan sasaran yang lebih nyata dari pada pernyataan misi.Dan misi serta tujuan sebaiknya dipertimbangkan setiap tahap manajemen strategis.
Misi dan tujuan disusun untuk organisasi ketika para manajer puncaknya bereaksi terhadap saling pengaruh yang rumit dari tuntutan kelompok dalam lingkungan perusahaan. Manager secara bertahap menyesuaikan misi dan tujuan dengan mempertimbangkan nilai dan aspirasi mereka sendiri dan strategi masa lalu.
Perusahaan dikatakan efektif dan efisien sasaran jangka pendek da menengah pada saat bergerak kea rah misi jangka panjang tetapi misi dan sasaran berubah sewaktu waktu, akhirnya serangkaian factor tekanan dari kekuatan internal dan eksternal harus dipertimbangkan oleh perencana strategi.





7 komentar: