Jumat, 10 Maret 2017

Bagaimana Prinsip Dasar Persamaan Dasar Akuntansi ?

Persamaan Dasar Akuntansi
 
Dalam mempelajari akuntansi, langkah awal yang harus dipelajari adalah mengetahui terlebih dulu persamaan dasar akuntansi agar nantinya mudah dalam menginteprestasikan tentang transaksi. Persamaan dasar akuntansi merupakan pendekatan secara matematis mengenai hubungan antara Harta, Hutang, dan Modal. Bisa dikatakan persamaan dasar akuntansi adalah Harta = Hutang + Modal.

Dengan pendekatan persamaan dasar akuntansi  maka akan dapat diketahui bagaimana pengaruh transaksi terhadap pencatatan dari posisi keuangan perusahaan seperti harta berkaitan dengan sumber dana, dimana sumber dana dari pemilik adalah modal sedangkan sumber dana yang berasal dari pihak luar (kreditur)  adalah kwajiban atau hutang.

Harta Perusahaan.

Harta perusahaan adalah sumber daya perusahaan yang akan memberikan nilai ekonomis dimasa mendatang. Harta perusahaan dibagi menjadi dua jenis yaitu harta lancar dan harta tidak lancar/harta tetap.

Harta lancar adalah harta yang mudah digunakan serta diuangkan dan akan mengalami perubahan  maksimal dalam satu periode akuntansi , umumnya periode akuntansi adalah selama satu tahun.Penggolongan harta lancar seperti :Kas, persediaan, pendapatan yang diterima dimuka, surat berharga, piutang wesel, piutang dagang, perlengkapan, dan lain-lain.

Harta tidak lancar/harta tetap dapat dibedakan menjadi harta berwujud dan harta tidak berwujud.

Harta berwujud adalah harta yang secara fisik dapat dilihat dan dapat digunakan untuk kegiatan produksi lebih dari satu periode akuntansi/lebih dari satu tahun. Harta berwujud adalah seperti : Kendaraan, Peralatan, Gedung, Tanah, Dan lain-lain. 
Sedankan harta yang tidak berwujud adalah harta yang tidak tampak namun memiliki manfaat bagi perusahaan seperti : Hak paten, Hak cipta, goodwill dan lain-lain.

Hutang/Kwajiban Perusahaan

Hutang dalam perusahaan dibedakan menjadi dua jenis antara lain hutang jangka pendek yaitu hutang yang tidak lebih memiliki jangka waktu  dari satu tahun yang dikenal sebagai hutang lancar. Seperti : Hutang gaji, Hutang usaha, Biaya yang masih harus dibayar, Hutang wesel dan lain-lain.
Dan selain hutang jangka pednek adalah  hutang jangka panjang. yaitu hutang yang memiliki periode waktu lebih dari satu tahun. Hutang yang termasuk hutang jangka panjang adalah : Hutang investasi, Hutang hipotik, Hutang obligasi dan lain-lain.

Modal

Modal merupakan kekayaan bersih yang dimiliki oleh pemilik perusahaan. Modal adalah selisih antara harta dan hutang.

Bagaimana dengan pendapatan,biaya dan prive ?

Pendapatan/penghasilan merupakan aliran masuk yang bertujuan untuk meningkatkan aktiva perusahaan atas produk yang dihasilkan dan dilaksanakan  terus menerus.
Beban merupakan aliran keluar atas aktiva perusahaan yang berakibat meningkatnya kwajiban perusahaan atas produk yang dihasilkan dan dilakukan secara terus menerus.
Prive merupakan pengambilan arus kas yang dilakukan oleh pemilik perusahaan untuk kepentingan pribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar