Rabu, 13 September 2023

Apa Arti Kewirausahaan Bagi Mahasiswa ??

 Kewirausahaan Bagi Mahasiswa 

Kewirausahaan sangat diperlukan bagi mahasiswa, hal ini karena mahasiswa mampu menciptakan bisnis yang inovatif, baik untuk dirinya sendiri maupun tim, seperti pada program kreatifitas mahasiswa.


Bisnis Perlu Inovatif dan kreatif



Tujuan Kewirausahaan Bagi Mahasiswa

  1. Meningkatkan ketrampilan bisnis
  2. Memberikan pengalaman dalam bisnis
  3. Membangun jiwa kemandirian
  4. Menciptakan lapangan kerja baru

Prinsip Kewirausahaan Bagi Mahasiswa

  1. Mulailah dengan hal kecil, lakukan modal terbatas
  2. Lakukan riset dan perencanaan yang matang
  3. Berani mengambil resiko
  4. Bertindak inovatif dan kreatif
  5. Bertindak disiplin dan kerja keras

Contoh Kewirausahaan Bagi Mahasiswa

  1. Kuliner, ( Warung Makan, Kafe
  2. Usaha Jasa, Seperti Laundry, desain grafis, 
  3. Produk Kreatif seperti, kerajinan tangan, fashion, digital
  4. Usaha sosial, dengan tujuan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat umum. Seperti, Lembaga Pendidikan, Lembaga peduli Lingkungan.



Contoh Laporan Kewirausahaan Mahasiswa.

Pada program kampus merdeka, ada kegiatan kewirausahaan mahasiswa selama 2 semester dan setiap mahasiswa harus melaporkan hasil atau bisnis yang dimiliki serta perkembangannya.
Dibawah ini adalah contoh laporan BAB.I. kewirausahaan dari Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indocakti, Malang- Jawa Timur.



BAB 1

PENDAHULUAN

 

LATAR BELAKANG USAHA

    Lone-wolf Shoes Care adalah usaha rumahan  DI rintis sejak November 2021 lalu. Usaha ini berdiri atas dasar kecintaan  dalam memakai dan membeli sneakers yakni jenis sepatu yang pada dasarnya diciptakan untuk olahraga,  namun seiring perkembangan waktu menjadi trend fashion kaum milenial. 
    Total sepatu milik sendiri  kurang lebih 12 pasang sneakers yang ada di rumah. Tapi disetiap barang yang dipergunakan dalam kegiatan sehari-hari tentunya harus didukung dengan perawatan yang detail dan menyeluruh supaya jangka pemakaian sneakers tersebut bisa optimal sesuai dengan apa yang tercantum dalam box apparel terkait. 
    Tiap bulan hampir 300 ribu – 650 ribu rupiah dihabiskan untuk perawatan sneakers. Mulai dari hanya membersihkan bagian luar sepatu, sampai dengan perawatan penghilang jamur dan pengecatan ulang beberapa bagian sepatu seperti midsole demi mendukung optimalisasi masa pakai sneakers.
    Keinginan untuk belajar mencuci sepatu ini muncul sekitar Bulan Mei 2021 saat anggaran keuangan bulanan membengkak dan terpaksa untuk menunda maintenance sneakers bulanan yang biasa dijadwalkan yang berakibat ada 2 pasang snekaers berjamur menyebabkan membengkaknya biaya perawatan pada bulan berikutnya. Karena hal tersebut akhirnya memutuskan bagaimana caranya bisa menghemat budget dengan cara melakukan perawatan terhadap sneakers yang dimiliki sendiri.
    Di mulai dari belajar di Youtube, lalu mencoba untuk menjadi staf di salah satu Tempat Shoescare, hingga belajar melalui café-café mengenai sepatu (terkhusus snekaers) dengan teman-teman yang telah berkecimpung lebih lama dalam perawatan sepatu. Saat di Condong Catur, bertemu salah satu pelopor Shoes Care di Indonesia yakni Tirta Mandira Hudi atau biasa dikenal dengan dr. Tirta atau Cipeng.
   Saat bertemu, beliau sudah menjalankan bisnis Shoescare lebih dari 5 tahun dan sudah memiliki berbagai cabang di Indonesia. Saat berbincang santai, darisana mulailah terpikir bahwa apa yang dilakukan sekarang (mencuci dan melakukan perawatan terhadap sneakers milik sendiri) kedepan bisa dikomersilkan, dengan catatan pekerjaan harus benar-benar bagus. 
    Dari Jogja, mulai menargetkan untuk memberi treatment kepada sneakers milik keluarga dan teman-teman terdekat secara gratis sebagai langkah awal untuk melakukan branding. 
    Mulai darisana berani mengambil order berbayar mulai dari rekan kerja, teman di SMK, keluarga yang sudah tahu hasil pekerjaan, hingga anak-anak sekolah basket yang sudah dii beri fasilitas cuci gratis di awal. Sejak itu, terus menerus mengasah kemampuan dalam bidang Shoescare, hingga bulan November 2021 lalu berani memutuskan untuk membuka brand pertama yaitu, LoneWolf Shoescare.

BIDANG USAHA

Bidang usaha  adalah jasa pencucian, dan perawatan sepatu. Untuk di OSS Republik Indonesia (Sistem Perizinan Berusaha Berbasis Elektronik) bidang usaha yang tercantum adalah Binatu.


VISI DAN MISI USAHA SERTA MOTTO

VISI LONEWOLF SHOESCARE: 
Menjadi Pelopor Shoes-Treatment dengan Orientasi Eco Friendly

MISI LONEWOLF SHOESCARE
    1. Mempertahankan Mutu dan Kualitas Treatment yang dilakukan terhadap sepatu pelanggan
    2. Menjalankan budaya kerja WOLF (Work-perfectly , Order-detailed, Looks-good, Fabulous for customer)
    3. Menjalin Komunikasi dengan Forum Shoes and Care untuk Inovasi terbaru Shoestreatment
    4. Menjadi usaha yang menjawab permasalahan masyarakat sekitar store

MOTTO

HAPPY SHOES, HAPPY OWNER


TUJUAN USAHA  

  1. Secara umum, usaha ini bertujuan untuk mengurangi anggaran bulanan kami akan pengeluaran perawatan sepatu yang luar biasa besar
  2. Secara khusus, usaha ini didirikan untuk berbisnis sekaligus mengedukasi customer mengenai pentingnya mengoptimalisasi masa pakai sepatu
  3. Memanfaatkan dan mengembangkan potensi di dekat store yang masih minim ShoesCare
  4. Melatih kemampuan owner untuk terus berinovasi dalam mengembangkan usaha yang berawal dari keresahan ini.

PROFIL USAHA

  1. Nama Usaha : LONEWOLF SHOESCARE
  2. Bentuk Usaha : Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)
  3. Pemilik Usaha : Dionisius Yosan Cahyonugroho Gregorius Andi Prasetyo
  4. NIB : 0909220028968
  5. Kode KBLI : 96200 (Aktifitas Penatu)
  6. Alamat : Perumahan Asrikaton Indah Blok K-6 No. 4, Desa Asrikaton, Kecamatan Pakis, Kab. Malang, Jawa Timur.
  7.  Contact Person : +62-822-3361-7788 (DION). 


7 komentar: