Kamis, 06 Juni 2024

Bagaimana Perencanaan Pemasaran dan memasarkan diri anda ?

Pengertian:

Perencanaan pemasaran adalah proses untuk mencapai tujuan pemasaran yang ditetapkan, dengan melibatkan analisis situasi, penetapan tujuan dan sasaran, pengembangan strategi dan program, implementasi, dan evaluasi.


Perencanaan 12 STIE Indocakti


Manfaat:

  1. Meningkatkan peluang keberhasilan, meminimalisir risiko
  2. Penggunaan sumber daya secara optimal dan mencapai hasil yang maksimal dengan biaya yang minimal.
  3. Membantu koordinasi dan komunikasi antar departemen
  4. Membantu memotivasi dan meningkatkan semangat kerja karyawan.



Hambatan:

  1. Kurangnya data dan informasi yang akurat, dapat menghambat proses analisis situasi dan pengambilan keputusan.
  2. Perubahan lingkungan seperti teknologi, ekonomi, dan regulasi, dapat membuat perencanaan menjadi tidak relevan.
  3. Keterbatasan sumber dana, waktu, dan tenaga kerja.
  4. Kurangnya komitmen dari manajemen dapat menghambat proses implementasi dan evaluasi.

Tips Perencanaan Pemasaran:

  1. Tetapkan tujuan yang jelas, untuk mengukur keberhasilan dan membuat perencanaan yang lebih terarah.
  2. Analisis situasi meliputi analisis internal (kekuatan, kelemahan) dan analisis eksternal (peluang, ancaman), membantu dalam mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan pemasaran.
  3. Tentukan target pasar yang ingin dijangkau.
  4. Implementasikan dan evaluasi. Evaluasi penilaian terhadap hasil pelaksanaan. Evaluasi dalam mengidentifikasi kekurangan dan melakukan perbaikan pada program selanjutnya.

Memasarkan Diri untuk Mendapatkan Pekerjaan Profesional


Sebelum melamar Pekerjaan:
  1. Apa kekuatan dan kelemahan Anda?
  2. Minat dan bakat apa yang Anda miliki?
  3. Pekerjaan seperti apa yang Anda cari?

Investasi pada pengembangan diri:
  1. Ikuti pelatihan untuk meningkatkan keahlian yang dibutuhkan di bidang yang diminati.
  2. Pelajari keterampilan baru yang relevan
  3. Kumpulkan hasil kerja terbaik Anda, atau presentasi yang pernah Anda buat.
  4. Buat profil profesional di platform seperti LinkedIn.
  5. Tulis konten yang relevan dengan bidang Anda dan tunjukkan keahlian Anda.
  6. Jalin Jaringan dengan profesional lain di bidang Anda. 

Faktor Penghambat dalam Memasarkan Diri Sendiri 

Faktor Internal:
  1. Kepercayaan diri rendah
  2. Kurangnya pemahaman tentang nilai diri sendiri
  3. Kemampuan komunikasi yang buruk
  4. Kurangnya persiapan
  5. Ketidakmampuan untuk membangun jaringan

Faktor Eksternal:
  1. Persaingan yang ketat
  2. Diskriminasi berdasarkan usia, jenis kelamin.
  3. Kurangnya akses ke peluang kerja
  4. Kurangnya pengalaman kerja
  5. Tidak menguasahi teknologi atau kurangnya keahlian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar