Selasa, 27 Desember 2016

Definisi Pasar Sekuritas dan Ruang Lingkup

Pasar sekuritas- www.nurtjahja.blogspot.com-Pasar Sekuritas dapat didefinisikan sebagai pertemuan penjual dan pembeli terhadap surat berharga atau aset keuangan lain jenis tertentu dengan tujuan untuk dialokasikan terhadap sumber ekonomi lainnya. Antara penjual dan pembeli akan menetapkan  harga yang telah disepakati. Penjual sekuritas akan mengalokasikan dana untuk pembelian aset yang lain dan pembeli akan menyimpan sekuritas tersebut kemudian bila harga mengalami kenaikan maka pembeli akan menjual kembali sekuritas tersebut untuk memperoleh keuntungan.


     Dalam memilih sekuritas yang harus diperhatikan adalah resiko tingkat bunga, resiko pajak, resiko likuidasi, resiko keuangan dan tingkat daya beli. Pasar sekuritas juga dapat dikatakan sebagai bursa efek yaitu sebuah organisasi dimana anggotanya dapat  menjual dan membeli sekuritas untuk investor baik secara institusi atau perorangan.
     Pada bursa efek sendiri bisa terdiri dari bursa efek Amerika Serikat maupun bursa efek global. Bursa efek Amerika Serikat adalah pasar bursa efek yang memasarkan sekuritas yang tidak tercatat dalam bursa efek nasional. Bursa efek global adalah  bursa sekuritas yang menjual dan membeli sekuritas secara online.
   Dalam memperjualbelikan sekuritas tidak akan lepas dari pasar keuangan. Pasar Keuangan adalah suatu tempat yang menyediakan  mekanisme pertukaran aktiva keuangan baik secara individu maupun institusi. Dapat dikatakan juga pasar keuangan adalah pasar hutang karena aktiva keuangan yang dijual sebagai instrumen hutang. Ada juga yang mengatakan bahwa pasar keuangan juga disebut sebagai pasar ekuitas karena yang diperdagangkan adalah sorat-surat berharga.
     Pada pasar sekuritas terdiri dari berbagai macam sekuritas yang diperjual belikan diantaranya adalah saham biasa, saham preferen, obligasi dan sekuritas turunan.

#Saham Biasa
       Saham adalah jenis sekuritas sebagai bukti kepemilikan atas perusahaan.  Pemegang saham biasa memiliki hak dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Disamping memiliki keuntungan berupa deviden,pemegang saham biasa juga dapat memperoleh keuntungan lain dari kenaikan nilai sekuritas atau yang sering disebut dengan capital gain, yaitu keuntungan yang diperoleh dari harga beli saham lebih rendah dari harga jual saham.

#Saham Preferen
     Saham preferen merupakan saham yang memiliki sifat gabungan antara obligasi dan saham biasa. Pemegang saham preferen memperoleh keuntungan dari deviden dan juga aset perusahaan atas klaim obligasi jika perusahaan mengalami likuidasi

#Obligasi
     Obligasi merupakan tanda hutang atas perusahaan penerbit obligasi. Pemegang obligasi memiliki Keuntungan yang diperoleh dalam bentuk  penerimaan bunga yang secara umum dibayarkan 2 kali setiap tahun.

#Sekuritas Turunan 
     Sekuritas turunan adalah sekuritas yang nilai sekuritas tersebut dikaitkan dengan aktiva lain.
Sekuritas turunan yang diperjualbelikan secara umum dalam bentuk :

1. Option
     Suatu kontrak dimana kedua belah pihak pembeli dan penjual sepakat untuk melakukan transaksi jual beli aktiva pada harga dan waktu yang telah ditentukan

2. Future
     Suatu kontrak dimana kedua belah pihak pembeli dan penjual sepakat melakukan transaksi jual beli aktiva pada waktu yang akan datang dengan harga saat ini/sekarang

#Fungsi Pasar Sekuritas
     Fungsi utama pasar sekuritas adalah sebagai pasar perdana dalam memasarkan sekuritas untuk ditawarkan kepada masyarakat umum. Dan hal ini sangat penting bagi peran seorang manajer investasi dimana manajer dapat membantu penerbitan dan penawaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar