Kamis, 02 Juli 2020

Pengertian Serta Manfaat Proposal, Makalah, Karya Ilmiah, Skripsi, Tesis, Dan Disertasi

Pengertian Proposal


Menurut Wijayanti Sri Hapsari (2016).  Proposal merupakan rencana penelitian yang dilakukan sebelum penelitian dilaksanakan. Selanjutnya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, proposal merupakan rencana yang dituangkan dalam bentuk  rancangan kerja.


Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa proposal merupakan rencana kegiatan sebelum penelitian dilaksanakan, berdasarkan data, fakta, dan ide dalam rancangan kerja  secara terencana.

Manfaat Proposal

  1. Pedoman untuk melakukan kegiatan
  2. Gambaran singkat rencana kegiatan serta metodologi yang akan digunakan
  3. Bahan evaluasi


Pengertian Makalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Makalah merupakan karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.

Sedangkan pendapat lainnya, menurut Tanjung dan Ardial, Makalah merupakan karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut disertai analisis yang logis dan obyektif.

Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa makalah merupakan karya tulis sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas yang ditulis secara sistematis dan runtut disertai analisis yang logis dan obyektif. 

Manfaat Makalah

  1. Pemahaman masalah dan pemecahannya
  2. Penerapan ilmu pengetahuan pada dunia praktisi
  3. Pemahaman masalah di lapangan


Pengertian Karya Ilmiah

Menurut Dalman, (2016). Karya Ilmiah merupakan karya tulis yang menyajikan gagasan, deskripsi atau pemecahan masalah secara sistematis, disajikan secara obyektif dan jujur dengan menggunakan bahasa baku, serta didukung oleh fakta, teori dan bukti empiris. 

Pendapat lain, manurut Andika (2010), Karya ilmiah merupakan produk dari kegiatan ilmiah yang dilakukan untuk menghasilkan temuan baru yang bersifat ilmiah, yaitu penelitian.

Dari pernyataan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa karya ilmiah merupakan karya tulis yang disajikan secara sistematis obyektif dan jujur didukung fakta dengan tujuan untuk menghasilkan temuan baru.
  1. Pengembangan dalam membaca yang efektif
  2. Acuan bagi peneliti selanjutnya


Pengertian Skripsi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,(KBBI). Skripsi merupakan karangan ilmiah yang wajib ditulis oleh mahasiswa sebagai bagian dari persyaratan akhir pendidikan akademisnya.

Sedangkan menurut Rahyono, FX.(2010).  Skripsi merupakan laporan tertulis dari hasil penelitian yang dilakukan mahasiswa dengan bimbingan Dosen Pembimbing untuk dipertahankan didepan penguji skripsi dan sebagai syarat untuk memperoleh derajat sarjana. 

Dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa, skripsi merupakan karya ilmiah hasil penelitian mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam memperoleh gelar sarjana dengan bimbingan dosen pembimbing serta diuji didepan penguji.

Tujuan Skripsi Dan Kegunaan

Mahasiswa dapat menguraikan hasil penelitian dalam bentuk tulisan dengan berpikir logis serta sistematis memecahkan permasalahan yang ditemukan. Dan hasil penelitian secara ilmiah dapat menjadi pedoman dalam pengembangan ilmu. 

Pengertian Tesis

Menurut Wikipedia, Tesis merupakan pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen, yang dikemukakan dalam karya tulis ilmiah, untuk mendapatkan gelar sarjana dalam perguruan tinggi.
Tesis juga dapat diartikan sebagai teori yang dilandasi oleh berbagai argumen yang ditulis dalam bentuk karya ilmiah, untuk menyelesaikan program pendidikan tertentu pada perguruan tinggi.  

Tujuan Tesis

Tujuan tesis antara lain untuk menjelaskan fenomena ilmu pengetahuan secara konfrehensif, dengan memperoleh jawaban berdasarkan rumusan hipotesis.

Pengertian Disertasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Disertasi merupakan karangan ilmiah yang ditulis untuk memperoleh gelar doktor.
Pada dasarnya disertasi merupakan karya ilmiah, bagi mahasiswa S3, dengan tujuan akhir menciptakan teori baru dengan menguji hipotesis berdasarkan teori yang sudah ada sebelumnya.

Karakteristik Disertasi

  1. Fenomena masalah dari kajian teoritis didukung dengan fakta empiris.
  2. Bobot ilmiah sangat tinggi
  3. Uji statistik lebih kompleks


Perbedaan Skripsi, Tesis Dan Disertasi

Skripsi merupakan karya tulis ilmiah, yang dibuat oleh mahasiswa S1 yang akan menyelesaikan studinya, Skripsi ditulis berdasarkan kaidah aturan dan tata cara tertentu yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah.

Tesis merupakan karya ilmiah bagi mahasiswa pasca sarjana (S2), yang akan menyelesaikan studinya,  yang ditulis berdasarkan hasil kajian empiris sebagai bahan kajian akademis.

Disertasi merupakan karya ilmiah bagi mahasiswa tingkat doktoral (S3), yang akan menyelesaikan studinya, yang ditulis berdasarkan teori baru dan mengujinya menggunakan hipotesis berdasarkan teori-teori sebelumnya yang sudah ada.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar