Tulisan ini adalah hasil penelitian tentang analisis Determinan Para pelanggan KAI DAOP 8, dalam memutuskan perjalanan antar kota di masa pandemi Covid-19, ( Studi Kasus Pada Daerah Operasi 8, PT KAI Persero ).
Masa Pandemi Covid-19, berdampak pada semua aktivitas di masyarakat, sehingga banyak ekonomi masyarakat mulai menurun dan bahkan jatuh dalam usahanya. Untuk lebih jelas hasil dalam penelitian ini dapat dilihat pada abstrak dibawah ini:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara variabel-variabel yang terkait dengan pelayanan jasa Kereta Api Indonesia (KAI) DAOP 8 dengan variabel-variabel yang terkait dengan pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah kuantitatif nonparametrik dengan teknik analisis jalur berbasis Partial Least Square (PLS). Melalui alat bantu program SmartPLS 3.0 didapatkan hasil bahwa ada keterhubungan erat antar variabel-variabel yang terkait dengan pelayanan jasa KAI DAOP 8 yaitu variabel kepuasan pelayanan dengan variabel keputusan menggunakan moda transportasi KAI pada pelanggan dan ada pula keterhubungan erat antar variabel-variabel yang terkait dengan pandemi Covid-19 yaitu persepsi pelanggan terhadap fakta pandemi dengan kepatuhan pelanggan terhadap himbauan pemerintah, akan tetapi tidak ada keterhubungan erat antara kedua golongan variabel tersebut. Hal ini menunjukkan pelanggan KAI DAOP 8 dalam melakukan perjalanan tidak mengkhawatirkan kondisi Pandemi Covid-19 namun lebih fokus kepada pelayanan yang diberikan PT KAI, termasuk di dalamnya upaya PT KAI dalam mencegah penyebaran Virus Covid-19.
Untuk lebih lengkap dalam melihat hasil penelitian ini bisa dilihat pada Hasil Penelitian Determinan Pelanggan KAI DAOP 8
Tidak ada komentar:
Posting Komentar