Sabtu, 18 Maret 2023

Determinan Para Pelanggan KAI DAOP 8, Dalam Memutuskan Perjalanan Antar Kota

Tulisan ini adalah hasil penelitian tentang analisis Determinan Para pelanggan KAI DAOP 8, dalam memutuskan perjalanan antar kota di masa pandemi Covid-19, ( Studi Kasus Pada Daerah Operasi 8, PT KAI Persero ).





Masa Pandemi Covid-19, berdampak pada semua aktivitas di masyarakat, sehingga banyak ekonomi masyarakat mulai menurun dan bahkan jatuh dalam usahanya. Untuk lebih jelas hasil dalam penelitian ini dapat dilihat pada abstrak dibawah ini:

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara variabel-variabel yang terkait dengan pelayanan jasa Kereta Api Indonesia (KAI) DAOP 8 dengan variabel-variabel yang terkait dengan pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah kuantitatif nonparametrik dengan teknik analisis jalur berbasis Partial Least Square (PLS). Melalui alat bantu program SmartPLS 3.0 didapatkan hasil bahwa ada keterhubungan erat antar variabel-variabel yang terkait dengan pelayanan jasa KAI DAOP 8 yaitu variabel kepuasan pelayanan dengan variabel keputusan menggunakan moda transportasi KAI pada pelanggan dan ada pula keterhubungan erat antar variabel-variabel yang terkait dengan pandemi Covid-19 yaitu persepsi pelanggan terhadap fakta pandemi dengan kepatuhan pelanggan terhadap himbauan pemerintah, akan tetapi tidak ada keterhubungan erat antara kedua golongan variabel tersebut. Hal ini menunjukkan pelanggan KAI DAOP 8 dalam melakukan perjalanan tidak mengkhawatirkan kondisi Pandemi Covid-19 namun lebih fokus kepada pelayanan yang diberikan PT KAI, termasuk di dalamnya upaya PT KAI dalam mencegah penyebaran Virus Covid-19.




Untuk lebih lengkap dalam melihat hasil penelitian ini bisa dilihat pada Hasil Penelitian Determinan Pelanggan KAI DAOP 8 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar