Model Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi Piutang Untuk Jasa Perhotelan
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan desain model Standar Operasional Prosedur (SOP) Piutang Hotel sebagai penerapan Sistem Informasi Akuntansi untuk meningkatkan pengendalian internal yang efektif di PT Royal Orchid Garden di Kota Batu (ROG Hotel). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mengarah pada metode studi kasus dengan paradigma interpretif. Tehnik pengumpulan data melalui wawancara dan mempelajari dokumen yang berkaitan dengan alur kelola piutang khususnya terkait jasa penjualan kamar hotel dan restauran secara kredit. Serta melakukan observasi langsung pada proses penginputan manual transaksi penjualan kamar dan restauran di ROG Hotel. Berdasarkan hasil temuan lapangan dapat diketahui bahwa ROG Hotel telah memiliki prosedur akuntansi piutang berbasis komputerisasi yaitu program Myoh Back Office, namun belum terimplementasi dengan baik. Penelitian ini menghasilkan usulan perbaikan melalui pengembangan pada rancangan SOP untuk alur kelola piutang dan modul sofware manual untuk perbaikan program Myoh Back Office. Sejumlah 20 SOP Akuntansi Piutang Hotel, 5 SOP Flowchart Akuntansi Penjualan dan Penagihan Hotel dan 5 Software manual Akuntansi Piutang yang dihasilkan, sehingga diharapkan menjadi pedoman baku dalam melakukan kegiatan operasional hotel sehingga pengelolaan piutang atas penjualan jasa kamar hotel dan restauran dapat berjalan dengan baik.
Kata kunci: Akuntansi Piutang, Perhotelan, SOP
Artikel Lengkap Jurnal Penelitian
Artikel Lengkap Jurnal Penelitian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar