Sabtu, 02 Januari 2016

Bagaimana Melihat Erupsi Gunung Bromo dari Pananjakan

Pesta menyambut Tahun Baru 2016 hampir semua tempat wisata penuh dengan pengunjung untuk bersukaria menghabiskan waktu menyambut Tahun Baru 2016.


Bromo Dari Simpang Dingklik




Demikian halnya dengan tanggal 01 Januari 2016, tempat wisata dimana mana masih penuh dengan wisatawan untuk mengisi liburan.

Bromo dari Simpang Dingklik

Gunung Bromo merupakan gunung yang ada di Jawa Timur dan menjadi tempat untuk menyambut tahun baru, namun keadaan gunung Bromo saat ini masih erupsi dengan status siaga, sehingga semua wisatawan dilarang untuk memasuki lautan pasir Bromo. Jarak aman saat ini adalah kurang lebih sekitar 2.5 km dari kawah Bromo.


Jalan Menuju Tangga Pananjakan

Namun demikian erupsi gunung Bromo sebenarnya membawa keindahan tersendiri karena selama ini gunung Bromo hanya mengeluarkan asap berbau belerang dan relatif sangat kecil dan sangat aman untuk mendekati kawah dan dengan adanya erupsi menjadi lebih indah bila dilihat dari Pananjakan-Pasuruan yang memiliki ketinggian kurang lebih 2.770 meter diatas permukaan laut.


Tangga Pananjakan

Melihat area erupsi gunung Bromo melalui Tosari-Pasuruan bisa dilihat di 3 tempat yaitu di Simpang Dingklik, pintu masuk pasir Bromo,dan  Bukit Cinta, dimana lokasinya diatas Simpang Dingklik dengan jarak kurang lebih 3 km serta Pananjakan yang berlokasi diatas bukit cinta dengan jarak kurang lebih sekitar 3 km.


Jalan Menuju Panajakan Bromo

Melihat dari Panajakan saat Bromo  mengeluarkan debu vulkanik, keindahan gunung Bromo terlihat lebih indah dari biasanya. Dari kejahuan terlihat asap hitam mengepul dari kawah bromo dimana disebelahnya adalah gunung batok. Lautan pasir yang selama ini dilalui kendaraan terlihat rata dengan abu vulkanik dan kadang terlihat seperti  sungai.


Kabut Datang dengan Tiba tiba

Harap berhati hati saat berada di Pananjakan jika cuaca mulai berkabut atau mendung karena kabut tebal bisa datang sewaktu waktu dan jarak pandang hanya 1 meter dan sangat membahayakan pengendara, lebih baik menunggu sampai kabut reda.
Pintu Loket di Tosari

Bila mana hujan juga harus berhati hati karena jalanan menjadi licin akibat abu vulkanik gunung Bromo.
Jalan Menuju Pasir Bromo

Semua petugas bencana saat ini terus memantau dan berjaga jaga dalam memantau keadaan gunung Bromo.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar