Rabu, 05 Oktober 2016

Bagaimana Peramalan Permintaan Dan Penawaran Pada Ekonomi Manajerial ?

Permintaan dapat dikatakan sebagai keinginan konsumen terhadap barang yang diinginkan pada periode tertentu dengan  harga tertentu serta dengan tingkat pendapatan tertentu.  Dengan demikian bahwa perubahan harga akan berpengaruh terhadap jumlah barang yang diminta oleh konsumen, hal inilah yang disebut dengan elastisitas permintaan. Elastisitas permintaan juga dapat dikatakan sebagai tingkat kepekaan antara permintaan dan penawaran terhadap perubahan harga. Elastisitas permintaan ada 3 jenis yaitu :

  1. Elastisitas harga, 
  2. Elastisitas silang, 
  3. Elastisitas pendapatan.

Adanya perubahan harga barang dan jumlah barang yang diminta konsumen maka akan diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan yaitu :
  1. Harga Barang, jika barang murah maka maka permintaan akan barang tersebut akan meningkat.
  2. Tingkat Pendapatan Konsumen, jika secara riiel nilai pendapatan naik maka permintaan akan barang juga meningkat.
Permintaan akan barang juga akan berhubungan dengan penawaran barang. Penawaran dapat dikatakan sebagai pengaruh perubahan harga terhadap barang yang ditawarkan oleh perusahaan, dan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran adalah :
  1. Perkembangan teknologi produksi
  2. Adanya produk Baru
  3. Kenaikan dari sumber daya produksi
  4. Harapan dari produk yang diinginkan produsen
Manajer perusahaan dalam mengambil keputusan  yang berhubungan dengan perilaku konsumen terhadap produk yang ditawarkan harus menganalisis perhitungan elastisitas permintaan sebagai pertimbangan. Bilamana perhitungan elastisitas > 0 maka sebaiknya melakukan kebijakan penurunan harga dengan tujuan untuk meningkatkan Margin Revenue. Dan bila perhitungan elastisitas < 0  maka manajer dapat melakukan peningkatan produk,peningkatan iklan dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan.

Disamping menganalis elastisitas manajer juga harus melakukan estimasi  permintaan produk, dan metode yang digunakan bisa dengan estimasi yang bersifat kualitatif seperti : 
  1. Customer Survey
  2. Observasi
  3. Uji coba produk dengan segmen tertentu 
Jika manajer ingin menganalis lebih mendalam maka bisa menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan metode regresi. Metode regresi merupakan metode untuk mencari pengaruh variabel bebas (harga barang, pendapatan konsumen,selera konsumen) terhadap variabel terikat (permintaan barang).
Analisis yang dilakukan manajer berkaitan dengan riset pemasaran. Pada riset pemasaran pada dasarnya menekankan mengenai identifikasi kebutuhan konsumen, dengan demikian hal ini tidak terlepas dari penelitian secara sistematis dan langkah-langkah yang harus diambil antara lain :
  1. Merumuskan masalah
  2. Menentukan desain riset
  3. Merancang model pengumpulan data dan pengolahan data
  4. Pengambilan sample
  5. Menganalisis dan menginterpretasi data
  6. Menyusun laporan riset.
Jika anda seorang manajer perlu juga mengetahui ruang lingkup ekonomi manajerial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar