Rabu, 05 April 2017

Bagaimana Jurnal Penyesuaian Dan Neraca Lajur Pada Akuntansi ?

Akuntansi-Neraca Percobaan - Setelah dilakukan pencatatan transaksi dari jurnal dan buku besar maka langkah selanjutnya adalah dengan membuat beraca saldo atau Trial  balance.  Neraca saldo adalah daftar yang berisi data saldo-saldo akhir yang disusun secara sistematis serta akun berasal dari buku besar.
Fungsi dari neraca saldo adalah : memudahkan pengecekan data dari buku besar serta memudahkan dalam membuat neraca lajur dalam rangka pembuatan laporan keuangan.


Contoh Neraca Saldo

Katerangan :
No Akun. Berisi kode akun yang ada pada buku besar.
Nama akun :Nama-nama akun dalam buku besar.
Debet : Total saldo debet pada buku besar
Kredit : Total saldo kredit pada buku besar.

Jurnal Penyesuaian.
Jurnal penyesuaian merupakan sebuah jurnal yang digunakan untuk menyesuaikan rekening/akun ke dalam saldo yang sebenarnya dalam periode akuntansi. Dengan demikian maka fungsi utama jurnal penyesuaian adalah untuk mengetahui  saldo yang benar pada akhir periode
Rekening yang perlu dilakukan jurnal penyesuaian secara umum adalah Biaya dibayar dimuka, Pendapatan diterima dimuka, Penyusunan aktiva tetap, Biaya yang masih harus dibayar, pendapatan yang masih harus diterima dan penggunaan perlengkapan.

Neraca Lajur.
Neraca lajur merupakan alat untuk memudahkan dalam pembuatan laporan keuangan sehingga bila ada kesalahan akan dengan mudah segera dapat ditemukan. Dalam neraca lajur akan kelihatan rekening apa saja yang perlu ada penyesuaian.  
Kolom yang ada pada neraca  lajur sangat mudah dimengerti dan sangat sederhana.

Add caption
Keterangan :
Kolom Akun : Nomer kode rekening 
Kolom Neraca Saldo : Data dari saldo rekening neraca saldo 
Kolom Neraca penyesuaian : Data diisi pendapatan atau penghasilan dan biaya.
Kolom Neraca diisi dengan aktiva,hutang dan modal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar