Selasa, 12 Juni 2018

Definisi Fungsi Laba Rugi Dan Arus Kas

Akuntansi Keuangan---Laporan Laba Rugi.


Laporan laba rugi merupakan bagian dari laporan keuangan dimana laporan laba-rugi melaporkan mengenai besarnya pendapatan dan beban/biaya dari kegiatan perusahaan dalam periode tertentu.






Keterbatasan Laporan Laba-Rugi. 

Manajemen dan pemilik perusahaan dalam mengambil keputusan yang berhubungan dengan masalah ekonomi, tidak hanya berdasarkan atas informasi yang terdapat dalam laporan keuangan. Hal ini karena laporan keuangan memiliki batasan. Beberapa Keterbatasan yang dimiliki laporan keuangan, antara lain:






  1. Bersifat historis. Semua transaksi dalam laporan keuangan menunjukkan kejadian masa lalu.
  2. Bersifat umum. Semua informasi bersifat umum. Dan bagi pihak-pihak tertentu tidak dapat secara langsung dipenuhi dengan laporan khusus.
  3. Semua informasi adalah taksiran
  4. Semua informasi bersifat material

Bentuk Laporan Laba-Rugi

Bentuk Langsung

Bentuk langsung atau (single step). Adalah bentuk yang paling umum dan mudah dipahami. Karena berbagai pendapatan yang ada seperti pendapatan dari penjualan, pendapatan sewa dan lainnya akan digabung menjadi satu menjadi total pendapatan.

Bentuk Bertahap


Bentuk bertahap atau multi step merupakan bentuk laporan laba rugi yang menunjukan tahapan dalam menentukan rugi / laba bersih.

Pos-Pos Tidak Biasa Dilaporkan

Dalam laporan rugi laba ada bebrapa Pos Tidak Biasa yang mempengaruhi Laporan Laba Rugi Periode Berjalan, pos-pos itu antara lain seperti Penurunan nilai aset tetap. Biaya Restrukturisasi. Operasi dalam Penghentian. Adanya Pos Luar Biasa dan Perubahan dalam prinsip akuntansi

Laporan Laba Ditahan

Laba Ditahan adalah laba yang dimiliki perusahaan namun tidak dibagikan kepada para pemegang saham dalam bentuk deviden. Jumlah laba ditahan bisa digunakan perusahaan untuk menambah modal perusahaan. Rata-rata setiap periode laba ditahan akan terakumulasi

Laporan Neraca

Laporan Neraca nerupakan laporan yang menjelaskan posisi keuangan perusahaan seperti posisi aktiva, kewajiban dan modal. Sedankan unsur dalam neraca adalah Asset, Kewajiban dan Equitas. Namun demikian neraca juga memiliki keterbatasan seperti : Biaya Historis, Nilai tukar / Kurs, dan Aktiva tak berwujud.

Format Neraca

Format penyusunan neraca secara umum terdiri dari Neraca dengan Format Akun(rekening) Dan Format Laporan


Bentuk Skontro (Rekening)


Laporan bentuk Skontro menyajikan rekening dalam dua sisi. Sisi kanan adalah Pasiva terdiri dari Kewajiban dan Modal, sedangkan sisi kiri adalah Aktiva yang berisi semua akun klasifikasi aktiva.

Bentuk Stafel (Laporan)

Penyajiannya dibuat secara berurutan mulai dari aktiva, kewajiban dan ekuitas.

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas bisa dikatakan sebagai laporan yang menunjukkan perincian dari penerimaan kas dan pengeluaran kas suatu perusahaan dalam periode tertentu. Laporan arus kas dibuat setelah laporan neraca keuangan dibuat dan disusun berdasarkan data laporan laba rugi periode berjalan serta data dari neraca periode sebelumnya. Laporan arus kas, secara umum diklasifikasikan dalam 3 aktivitas, seperti operasional, investasi dan pendanaan.
Arus kas operasional adalah arus kas yang terkait dengan operasional perusahaan pada masa periode tertentu.

Arus kas pendanaan adalah arus kas terkait dengan pembiayaan perusahaan pada masa periode tertentu.seperti pinjaman bank, penerbitan obligasi, dan lainnya.

Arus kas investasi merupakan arus kas masuk dan keluar terkait dengan investasi perusahaan pada periode tertentu.seperti pembelian dan penjualan aset tetap, penyertaan saham, dan lainnya.

laporan arus kas bertujuan untuk memperkirakan arus kas pada periode yang akan datang berdasarkan laporan keuangan arus kas periode saat ini, dan menentukan kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban perusahaan.

1 komentar:

  1. DOWNLOAD GRATIS APLIKASI AKUNTANSI EXCEL PREMIER JASA PROYEK (PERUSAHAAN KONSTRUKSI). Aplikasi Akuntansi yang dibangunan berbasis Excel dengan fitur yang cukup lengkap dan menarik, baik output laporan keuangannya maupun fasilitas menunya, dapat diterapkan untuk berbagai jenis perusahaan konstruksi (jasa proyek). Output laporan keuangan meliputi Neraca, Laba Rugi, Laporan Arus Kas, Neraca Lajur, Buku Besar dan Buku Pembantu. Info Download : www.xclmedia.com

    BalasHapus