Pemasaran
Pemasaran merupakan aktivitas dalam menyampaikan informasi mengenai produk atau pelayanan kepada masyarakat. Sedangkan fungsi pemasaran adalah: Mengetahui segmen dan karakteristik pelanggan, Penjualan produk dan pelayanan, Merencanakan produk yang akan dijual, menetapkan harga, distribusi produk kepada pelanggan, dan melihat peluang.
Jenis Pemasaran
Bentuk pemasaran secara umum antara lain
- Branding. Branding merupakan logo atau simbol dari perusahaan agar berbeda dengan pesaing.
- Iklan: Iklan merupakan kegiatan menyampaikan informasi kepada pelanggan agar pelanggan tertarik pada produk. Iklan bisa bisa disampaikan lewat radio, koran, majalah dan media lain seperti internet yang dikenal dengan istilah iklan secara online
- Multi Level Marketing ( MLM). MLM, dapat dikatakan sebagai kegiatan memasarkan produk dengan memanfaatkan pelanggan sebagai sebagai jaringan distribusi.
Kampanye Pemasaran ( Marketing Campaign)
Kampanye merupakan teknik komunikasi yang digunakan oleh humas untuk mencapai tujuan sesuai dengan perencanaan dengan cara informasi produk diberbagai media.
Pada era digital saat ini, pemasaran dalam bentuk kampanye sangat efektif, karena dengan memanfaatkan media digital (online), tujuan lebih efektif dengan biaya sangat rendah.
Konsep Marketing Campaign
Dengan marketing campaign, maka bisa dirancang berbagai tujuan pemasaran, seperti membangun produk, memperkenalkan produk, mengurangi dampak produk yang dianggap negatif pada pelanggan.
Salah satu contoh lembaga yang melakukan pemasaran campaign, adalah lembaga pendidikan yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indocakti Malang, memasarkan produk dengan mengedepankan brand ( logo ) seperti hasil foto diakhir tulisan ini.
Dan jika ingin membuat foto pemasaran campaign, bisa melihat contoh dengan link berikut Promosi Campaign link bisa disebar ke pelanggan pada media online dalam promosi produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar