Kamis, 10 Februari 2022

Prinsip Dasar Sistem Informasi Manajemen Dalam Bisnis

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ----- Perkembangan teknologi, mengharuskan sistem informasi manajemen dilakukan secara cermat dan real time.

Sistem Informasi manajemen merupakan sistem yang berisi data yang akan di proses, dianalisis dan diinformasikan untuk tujuan tertentu.

Ruang lingkup Sistem Informasi

Tujuan Sistem Informasi Manajemen

  1. Pengambilan data untuk pengambilan keputusan
  2. Mempercepat dan memudahkan pekerjaan
  3. Memecahkan berbagai masalah yang ada, seperti pelayanan, proses produk dan strategi pemasaran yang dijalankan.

Manfaat Sistem Informasi Manajemen

  1. Meningkatkan produktivitas dan menghemat biaya
  2. Mempermudah pengawasan dan koordinasi
  3. Menganalisis kinerja bisnis.

Contoh Sistem Informasi Manajemen

1. Supply Chain Management (SCM)
Merupakan pengintegrasian data dari suplier sampai ke konsumen dan umumnya menggunakan software akuntansi. 
2. Enterprise Resource Planning (ERP)
Merupakan sistem yang digunakan untuk pengelolaan manajemen dalam pengawasan unit-unit perusahaan.
3. Office Automation System (OAS)
Merupakan sistem untuk mempermudah komunikasi. Contoh hasil komunkasi memlaui OAS adalah E-mail.
4. Informatic Managament System (IMS). 
Sistem ini membantu dalam tugas-tugas yang dijalankan dalam perusahaan.
5. Decision Support System ( DSS)
Sistem ini membantu dalam pengambilan keputusan dengan cara mengamati lingkungan perusahaan.
6 Expert System (ES). 
Merupakan sistem dalam membantu pemecahan masalah dengan melibatkan pengetahuan tenaga ahli yang sudah di program dalam sistem.
7 Group Decision Support System (GDSS). 
Sistem ini digunakan untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh kelompok bukan individu, contoh seperti penyebaran kuesioner, konsultasi.
8 Executive Support System. (ESS)
Sistem ini membantu komunikasi dengan lingkungan perusahaan dalam bentuk grafik.

 

Sistem Informasi Berbasis Komputer (CBIS)

Computer Base Information System (CBIS),  merupakan sistem pengelolah data menjadi sumber informasi dalam membantu  pengambilan keputusan. Peran teknologi komputer memegang peranan dalam mengolah data untuk menjadi sumber informasi.

Contoh Aplikasi berbasis Komputer

  1. SIA  ( Sistem Informasi Akuntansi). Mengubah data menjadi informasi bagi internal dan eksternal perusahaan.
  2. SIM ( Sistem Informasi Manajemen). Pemenuhan informasi secara umum baik manajemen level bawah maupun manajemen level atas. 
  3. SPK ( Sistem Penunjang Keputusan). Sistem komputer yang interaktif , membantu pembuat keputusan memecahkan masalah yang tidak terstruktur.

Kecenderungan Menggunakan Komputer

  1. Meningkatnya pengetahuan 
  2. Harga terjangkau
  3. Perangkat lunak, mampu memberikan informasi dalam membantu pengambilan keputusan.

E-Bussiness, E-Commerce, E-Government


E-Bussiness. Penggunaan teknologi digital dan internet untuk menjalankan proses bisnis. Bisa dalam bentuk Bisnis to Bisnis atau Bisnis to customer .DLL.

Proses E-Bussineess berhubungan dengan:

  1. Value Chain: Pembelian secara elektronik
  2. Manajemen Rantai Pasok
  3. Pemrosesan Order Elektronik
  4. Penanganan dan pelayanan kepada pelanggan
  5. Kerja sama dengan mitra bisnis.

Tahapan E-Busineess

  1. Mendayagunakan komputer
  2. Mendayagunakan jaringan internet
  3. Membangun dan mendayagunakan WEB
  4. E-Commerce.

E-Commerce. Bagian dari bisnis elektronik yang berhubungan dengan pelayanan yang berhubungan dengan  penjualan dan pembelian barang melalui internet.

E-Government. Penerapan teknologi digital dimanan pemerintah dan sektor publik berhubungan dengan masyarakat.

Sistem Informasi Strategi Organisasi/Perusahaan

Sistem Informasi merupakan cara untuk mengumpulkan, mengolah, menyimpan dan melaporkan  data, agar tujuan perusahaan tercapai dengan efisien dan efektif

Sistem Organisasi.

Organisasi secara sederhana dapat diartikan sebagai kegiatan yang terdiri dari berbagai kelompok dalam menjalankan aktivitas dengan saling berkoordinasi agar tujuan tercapai sesuai dengan perencanaan awal.

Ciri-Ciri Organisasi

  1. Adanya proses bisnis
  2. Adanya politik organisasi
  3. Adanya budaya organisasi
  4. Adanya lingkungan organisasi
  5. Ada Struktur organisasi

Sistem Informasi Mempengaruhi Perusahaan

Sistem informasi dalam perusahaan telah menjadi kesatuan yang saling berkaitan baik online maupun non online dalam operasionalnya.
Dengan adanya Sistem Informasi akan meningkatkan kecepatan dan keakuratan laporan data baik data internal maupun eksternal perusahaan.

Strategi Perusahaan

Untuk menjaga kelangsungan bisnis baik terhadap pemasok dan pelanggan, maka strategi utama perusahaan adalah dengan menganalisis kekuatan internal perusahaan dengan ancaman maupun peluang eksternal.

Etika Dan Isu Sosial Sistem Informasi

Etika merupakan tindakan benar atau salah yang dilakukan oleh seseorang, demikian halnya dengan sistem informasi, disamping sebagai tindakan untuk kemajuan dibidang sosial, juga dapat digunakan untuk kepentingan kejahatan.

Oleh karena itu harus dipahami adanya beberapa dimensi dalam sistem informasi, yaitu antara lain:
  1. Hak dan kwajiban informasi
  2. Hak dan kwajiban atas kepemelikan informasi
  3. Akuntabilitas dan pengendalian
  4. Kualitas sistem dan kualitas hidup

Etika Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Etika bisa dikatakan sebagai watak, karakter atau adat kebiasaan yang erat hubungannya dengan individu atau kelompok untuk menilai kebenaran dari tindakan yang telah dilakukan.

Macam Etika Pada Kehidupan Sehari-Hari

  1. Etika Perangai . Merupakan adat istiadat yang menggambarkan perangai manusia dalam kehiidupan bermasyarakat. Contohnya: Berbusana adat, Upacara adat, Pergaulan muda mudi.
  2. Etika Moral. Merupakan perilaku baik dan benar  berdasarkan kodrat manusia, dan jika dilanggar akan menimbulkan keburukan. Contohnya: Berbuat Jujur, Menghormati guru dan orang tua, Menyantuni Yatim Piatu.

Manfaat Etika

  1. Membantu pendirian dalam beragam pandangan dan moral
  2. Membantu membedakan baik dan buruk serta cara mengambil sikap yang dapat dipertanggung jawabkan.

Etiket

Etiket merupakan sikap yang mengatur hubungan dalam pergaulan antar kelompok manusia. Contoh : Bersikap dewasa, Tidak emosi. Ramah terhadap lawan bicara.

Etiket Dan Etika

  1. Etiket dan Etika menyangkut perilaku manusia
  2. Etika  adalah watak, karakter, sedangkan etiket adalah sopan santun

Intelijen Bisnis

Intelijen Bisnis merupakan profesi yang memiliki tugas dalam mengolah dan menganalisis data yang berhubungan dengan bisnis, untuk membantu dalam pengambilan keputusan, seperti  strategi pemasaran, profit yang akan diterima, melihat tren produk, melihat perkembangan produk pesaing dan lainnya.

Manfaat  Intelijen Bisnis

  1. Mengetahui perilaku konsumen
  2. Memprediksi penjualan dan kinerja keuangan
  3. Memprediksi penjualan dan strategi pemasaran yang tepat

Peran Bisnis Intelijen Dipengaruhi Oleh:

  1. Jenis perusahaan, kecil, Menengah atau besar
  2. Administrasi yang profesioanl
  3. Segmen Pasar

Keunggulan SIM

Sistem Informasi Manajemen dalam perusahaan, akan melibatkan perangkat lunak yang teritegrasi basis data dari berbagai divisi maupun departemen.
Adapun proses bisnis yang didukung oleh sistem dalam perusahaan antara lain yaitu :
  1. Proses Keuangan dan akuntansi
  2. Proses Sumberdaya manusia
  3. Proses Produksi
  4. Proses Pemasaran dan penjualan

Sistem Manajemen Hubungan Pelanggan

Sistem ini akan mengambil dan mengintegrasikan data pelanggan, lalu mendistribusikan kepada berbagai sistem pelanggan seluruh perusahaan. Pada sistem ini akan membantu staf penjualan dalam meningkatkan produktifitas.

Nilai Bisnis Sistem Manajemen Hubungan Pelanggan

  1. Hubungan dengan pelanggan sangat efektif
  2. Meningkatkan kepuasan pelanggan
  3. Menurunkan biaya pemasaran
  4. Merespon kebutuhan pelanngan dengan cepat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar