Pengertian
Perilaku merupakan cermin dari tindakan untuk mencapai tujuan tertentu setelah melalui pengamatan, penilaian dan pengambilan keputusan.
Perilaku konsumen merupakan proses seseorang dalam mencari, membeli, mengevaluasi terhadap produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhannya.
Manfaat Mengetahui Perilaku Konsumen
- Memahami karakter konsumen
- Merangcang program pemasaran yang efektif
- Meramalkan trend pasar
- Meningkatkan pelayanan
Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen
- Faktor Budaya, seperti Kelas Sosial, Kebutuhan keluarga
- Faktor Sosial, seperti Pendapatan, Pendidikan, Pengaruh medsos
- Faktor Pribadi, seperti: Usia, Profesi, Latar Belakang
- Faktor Psikologis, seperti, pengaruh pemasaran.
Jenis-Jenis Perilaku Konsumen
- Konsumen Rasional, merupakan konsumen dalam membeli produk didasarkan kepada kebutuhan, bukan keinginan.
- Konsumen Irasional, merupakan konsumen dalam membeli produk dipengaruhi oleh iklan atau promosi.
Pengetahuan Konsumen
- Mengetahui akan sesuatu dan mengerti akan wawasan untuk menguraikan apa yang diharapkan
- Memahami akan obyek yang diharapkan
- Mengerti akan penerapan dari apa yang diharapkan
- Mengevaluasi apa yang telah diperoleh.
Jenis Pengetahuan Konsumen
- Pengetahuan Produk
- Pengetahuan pembelian
- Pengetahuan Pemakaian
Tipe Perilaku Konsumen
- Konsumen loyal terhadap produk
- Konsumen mencari produk dengan membandingkan dengan produk lain,
- Konsumen yang suka menawar dan konsumen yang hanya melihat lihat produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar