Minggu, 30 Agustus 2020

Ekonomi Manajerial, Ruang Lingkup, Peranan Bisnis, Permintaan Dan Penawaran


Ekonomi Manajerial

Ekonomi manajerial merupakan terapan dari ekonomi makro dan ekonomi mikro dalam  menganalis kebijakan untuk mengambil  keputusan yang berhubungan dengan matematika ekonomi serta ekonometri agar tujuan organisasi bisa berjalan secara efektif dan efisien. Pendapat Hirschey (2003), bahwa ekonomi manajerial merupakan penerapan ilmu ekonomi sebagai cara untuk mengambil keputusan administrasi dan manajemen.



Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial

Ruang Lingkupa dari ekonomi manajerial sangat berkaitan dengan : Teori ekonomi, Teknik Pengambilan Keputusan, Ilmu Keputusan dan Ilmu Administrasi Bisnis.

Fungsi Dan Peranan Ekonomi Manajerial

  1. Alat evaluasi manajemen.
  2. Membantu manajer dalam menyelesaikan masalah seperti kebijakan yang berhubungan dengan pasar.
  3. Mengatur keuangan perusahaan seperti biaya prioritas maupun biaya non prioritas.
  4. untuk mengetahui lingkungan industri seperti: kompetitor, konsumen
  5. Keuntungan perusahaan seperti laba, serta keuntungan di masa yang akan datang.

Teori Perusahaan

Perusahaan dapat dikatakan sebagai lembaga yang mengorganisasikan sumberdaya manusia dalam rangka memproduksi barang dan jasa.
Sedangkan tujuan perusahaan secara umum adalah: memaksimalkan laba, memaksimalkan pertumbuhan usaha, memotivasi manajerial  dalam rangka mempertahankan kelangsungan perusahaan.
Teori perusahaan secara umum dapat ditinjau dari: 
  1. Teori Neo Klasik Perusahaan
  2. Teori manajerial Perusahaan
  3. Teori Perilaku Perusahaan
  4. Teori Keagenan
  5. Teori Evolusi Perusahaan
  6. Teori Stratejik Perusahaan
  7. Teori Perusahaan berbasis Pengetahuan.

Pengertian,  Peranan Bisnis Dan Peranan Laba

Bisnis merupakan kegiatan memproduksi barang, menjual, maupun pertukaran barang dan jasa  dengan tujuan untuk memperoleh laba dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat.

Peranan bisnis bagi masyarakat

  1. Pengadaan barang dan jasa bagi masyarakat
  2. Mensejahterakan masyarakat
  3. Menciptakan lapangan kerja 
  4. Menciptakan pertumbuhan ekonomi masyarakat 

Peranan Laba

  1. Peningkatan Kualitas Sumberdaya manusia
  2. Perluasan produk dan pasar
  3. Pembayaran pajak
  4. Pembagian deviden

Meningkatkan Nilai Perusahaan

  1. Menyiapkan modal,  Menekan biaya produksi.
  2. Promosi secara aktif , terutama promosi online
  3. Melakukan ekspansi dan menjaga kesehatan perusahaan dalam jangka panjang
  4. Melakukan epspansi
  5. Melaksanakan kegiatan lingkungan sosial

Penyebab Turunnya Nilai Perusahaan

  1. Kesulitan keuangan dan hilangnya pangsa pasar
  2. Tidak memiliki ide inovatif
  3. Sumberdaya manusia yang lemah serta kesulitan faktor produksi

Permintaan, Penawaran Dan Harga Keseimbangan


Permintaan.

Permintaan merupakan jumlah barang dan jasa yang diminta oleh seseorang pada waktu tertentu pada berbagai tingkat harga.

Hukum Permintaan

Apabila suatu harga barang naik, maka jumlah barang yang diminta akan turun, sebaliknya jika suatu harga barang turun, makan jumlah barang yang diminta akan naik > Ceteris Paribus ( Dengan asumsi faktor lain diluar harga dianggap konstan)

Faktor Yang mempengaruhi Permintaan

  1. Kebutuhan, selera konsumen, Pendapatan/Daya beli masyarakat
  2. Harga barang subtitusi
  3. Jumlah Penduduk
  4. Promosi /iklan,  baik offline/ online

Penawaran

Penawaran merupakan jumah barang yang ditawarkan oleh produsen pada tingkat harga tertentu pada periode tertentu

Hukum Penawaran

Semakin tinggi harga barang, semakin banyak barang yang ditawarkan oleh penjual, semakin rendah harga barang, semakin sedikit  jumlah yang ditawarkan.

Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran.

  1. Harga barang itu sendiri
  2. Harga barang lain
  3. Harga faktor produksi
  4. Biaya produksi
  5. Jumlah penjual/produsen
  6. Kebijakan Pemerintah

Harga Keseimbangan

Harga dapat terbentuk karena tercapainya keseimbangan antara permintaan dengan penawaran atau  Equilibrium Price, yaitu harga yang terjadi karena jumlah harga barang yang diminta sama dengan jumlah barang  yang ditawarkan.

Elastisitas Permintaan

Elastisitas Permintaan merupakan ukuran besarnya respon jumlah permintaan barang terhadap variabel yang mempengaruhinya, atau bisa dikatakan sebagai sebagai alat untuk mengukur derajat kepekaan jumlah barang yang diminta terhadap perubahan harga.

Penentu Elastisitas Permintaan

  1. Tersediannya barang subtitusi
  2. Kebutuhan atau kemewahan
  3. Jangka Waktu
  4. Pasar

Jenis Jenis Elastisitas Permintaan

  1. Permintaan Elastis
  2. Permintaan In-Elastis
  3. Permintaan Elastis Sempurna
  4. Permintaan In-elastis sempurna

Elastisitas Penawaran

Elastisitas Penawaran merupakan derajat kepekaan perubahan jumlah yang ditawarkan terhadap perubahan harga.

Jenis-Jenis Elastisitas Penawaran

  1. Penawaran Elastis
  2. Penawaran inElastis
  3. Penawaran Elastis Sempurna
  4. Penawaran Inelastis sempurna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar