Jumat, 09 Oktober 2020

Inti Ruang Lingkup Manajemen, Organisasi, Pasar Dan Pemasaran

Pengantar Bisnis

Manajemen
Secara sederhana manajemen bisa dikatakan sebagai aktivitas untuk mencapai tujuan dengan bantuan orang lain.
Fungsi manajemen secara umum sebagai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian, dimana hal ini dikenal dengan istilah P.O.A.C. (Planning, Organisation, Actuating, Controlling).

Peran Manajemen
Peran manajemen dalam perusahaan terdiri dari 3 hal yaitu: 
  1. Peran Interpersonal: Peranan ini biasa dilakukan oleh seorang manajer dalam berhubungan dengan karyawannya,
  2. Peran Informasi: Peranan manajer dalam menginformasikan segala kepentingan yang berhubungan dengan perusahaan.
  3. Peran Pengambil Keputusan: Peranan manajer selaku pimpinan harus mengambil keputusan yang tepat

Fungsi Manajemen

  1. Perencanaan: Fungsi awal dalam manajemen, dimana pimpinan disini dituntut untuk menentukan perencanaan perusahaan, baik jangka pendek maupun jangka panjang.
  2. Pengorganisasian: Fungsi disini , pimpinan dituntut untuk menentukan dan mengelola sumberdaya yang ada sesuai dengan tujuan perusahaan, seperti pembentukan staff.
  3. Pengarahan: Fungsi disini bertujuan untuk menciptakan suasana yang kondusif dalam perusahaan
  4. Pengendalian: Fungsi disini bertujuan untuk mengendalikan perusahaan baik kendala, masalah, solusi,dan evaluasi agar kinerja perusahaan tetap berjalan sesuai dengan tujuan awal.

Level Manajemen

  1. Manajer Puncak
  2. Manajer Menengah
  3. Manajer Lini

Ciri-Ciri Manajer Profesional

  1. Memiliki integritas dan kejujuran
  2. Bertanggung Jawab dan Disiplin
  3. Memberikan motivasi dan baik dalam berkomunikasi

Ketrampilan Manajer

  1. Pandai dalam memberikan pendelegasian.
  2. Menguasai teknologi
  3. Pandai merumuskan ide-ide
  4. Keahlian dalam memimpin perusahaan
  5. Keahlian dalam perencanaan

Organisasi.


Pengertian Organisasi

Organisasi merupakan sekumpulan orang atau lebih dalam suatu tempat dengan aktivitas saling bekerja sama untuk tujuan yang sama.

Manfaat Organisasi

  1. Motivasi menjadi jiwa pemimpin.
  2. Memecahkan masalah secara bijak.
  3. Memperluas wawasan dan meningkatkan skill
  4. Menyadari sebuah tanggung jawab.

Bentuk Organisasi 

  1. Orgnaisasi Lini
  2. Organisasi Lini dan staff
  3. Organisasi Fungsional
  4. Organisasi Lini Dan Fungsional
  5. Orgnisasi Lini, Fungsional dan staff
  6. Orgnisasi Komite

Prinsip Organisasi

  1. Merumuskan tujuan dan Pembagian kerja
  2. Pembagian wewenang dan pengawasan
  3. Adanya perintah dan koordinasi

Keberhasilan Organisasi

  1. Manajemen mampu menjalankan fungsi yang menjadi wewenang dan tanggung jawabnya
  2. Adanya sarana dan prasarana serta anggaran
  3. Lingkungan kerja yang mendukung 

Kegagalan Organisasi

  1. Kebutuhan organisasi tidak terpenuhi.
  2. Adanya mis komunikasi
  3. Adanya keputusan yang melenceng dari tujuan organisasi
  4. Sumber daya manusia yang tidak profesional.

Pasar Dan Pemasaran


Pasar

Pasar merupakan tempat bertemunya pembeli dan penjual barang dan jasa untuk saling melakukan transaksi.

Ciri-Ciri Pasar

  1. Terdapat baran dan jasa yang dijual
  2. Adanya calon pembeli
Jenis Pasar

  1. Pasar Tradisional
  2. Pasar Modern


Pemasaran

Pemasaran merupakan kegiatan memperkenalkan produk kepada pelanggan.

Fungsi Pemasaran

  1. Memperknalkan Produk
  2. Riset
  3. Distribusi barang
  4. Layanan Purna jual 

Jenis-Jenis Pemasaran

  1. Branding dan Iklan
  2. Promosi 
  3. Public Relation

Konsep Inti Pemasaran

  1. Kebutuhan
  2. Produk
  3. Nilai Kepuasan
  4. Pertukaran transaksi
  5. Hubungan dengan pelanggan
  6. Pasar dan calon pembeli

Falsafah Manajemen Pemasaran

  1. Konsep produk dan konsep produksi
  2. Konsep penjulan dan konsep pemasaran
  3. Pemasaran berwawasan sosial

Bauran Pemasaran

Bauran pemasaran sering dikenal dengan istilah Marketing Mix, merupakan alat yang digunakan perusahaan untuk mencapai pasar sasaran.

Bauran pemasaran terdiri dari:
  1. Produk (product)
  2. Harga (Price)
  3. Promosi (Promotion)
  4. Tempat (Place)
Dari keempat bauran tersebut ,  jika untuk perusahaan jasa akan ditambah 3 P yaitu:
  1. Orang (People)
  2. Proses (Process)
  3. Bukti fisik ( Psycal Evidence)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar