Pengantar Bisnis
Secara sederhana manajemen bisa dikatakan sebagai aktivitas untuk mencapai tujuan dengan bantuan orang lain.
Fungsi manajemen secara umum sebagai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian, dimana hal ini dikenal dengan istilah P.O.A.C. (Planning, Organisation, Actuating, Controlling).
Peran Manajemen
Peran manajemen dalam perusahaan terdiri dari 3 hal yaitu:
- Peran Interpersonal: Peranan ini biasa dilakukan oleh seorang manajer dalam berhubungan dengan karyawannya,
- Peran Informasi: Peranan manajer dalam menginformasikan segala kepentingan yang berhubungan dengan perusahaan.
- Peran Pengambil Keputusan: Peranan manajer selaku pimpinan harus mengambil keputusan yang tepat
Fungsi Manajemen
- Perencanaan: Fungsi awal dalam manajemen, dimana pimpinan disini dituntut untuk menentukan perencanaan perusahaan, baik jangka pendek maupun jangka panjang.
- Pengorganisasian: Fungsi disini , pimpinan dituntut untuk menentukan dan mengelola sumberdaya yang ada sesuai dengan tujuan perusahaan, seperti pembentukan staff.
- Pengarahan: Fungsi disini bertujuan untuk menciptakan suasana yang kondusif dalam perusahaan
- Pengendalian: Fungsi disini bertujuan untuk mengendalikan perusahaan baik kendala, masalah, solusi,dan evaluasi agar kinerja perusahaan tetap berjalan sesuai dengan tujuan awal.
Level Manajemen
- Manajer Puncak
- Manajer Menengah
- Manajer Lini
Ciri-Ciri Manajer Profesional
- Memiliki integritas dan kejujuran
- Bertanggung Jawab dan Disiplin
- Memberikan motivasi dan baik dalam berkomunikasi
Ketrampilan Manajer
- Pandai dalam memberikan pendelegasian.
- Menguasai teknologi
- Pandai merumuskan ide-ide
- Keahlian dalam memimpin perusahaan
- Keahlian dalam perencanaan
Organisasi.
Pengertian Organisasi
Organisasi merupakan sekumpulan orang atau lebih dalam suatu tempat dengan aktivitas saling bekerja sama untuk tujuan yang sama.
Manfaat Organisasi
- Motivasi menjadi jiwa pemimpin.
- Memecahkan masalah secara bijak.
- Memperluas wawasan dan meningkatkan skill
- Menyadari sebuah tanggung jawab.
Bentuk Organisasi
- Orgnaisasi Lini
- Organisasi Lini dan staff
- Organisasi Fungsional
- Organisasi Lini Dan Fungsional
- Orgnisasi Lini, Fungsional dan staff
- Orgnisasi Komite
Prinsip Organisasi
- Merumuskan tujuan dan Pembagian kerja
- Pembagian wewenang dan pengawasan
- Adanya perintah dan koordinasi
Keberhasilan Organisasi
- Manajemen mampu menjalankan fungsi yang menjadi wewenang dan tanggung jawabnya
- Adanya sarana dan prasarana serta anggaran
- Lingkungan kerja yang mendukung
Kegagalan Organisasi
- Kebutuhan organisasi tidak terpenuhi.
- Adanya mis komunikasi
- Adanya keputusan yang melenceng dari tujuan organisasi
- Sumber daya manusia yang tidak profesional.
Pasar Dan Pemasaran
Pasar
Pasar merupakan tempat bertemunya pembeli dan penjual barang dan jasa untuk saling melakukan transaksi.
Ciri-Ciri Pasar
- Terdapat baran dan jasa yang dijual
- Adanya calon pembeli
Jenis Pasar
- Pasar Tradisional
- Pasar Modern
Pemasaran
Pemasaran merupakan kegiatan memperkenalkan produk kepada pelanggan.
Fungsi Pemasaran
- Memperknalkan Produk
- Riset
- Distribusi barang
- Layanan Purna jual
Jenis-Jenis Pemasaran
- Branding dan Iklan
- Promosi
- Public Relation
Konsep Inti Pemasaran
- Kebutuhan
- Produk
- Nilai Kepuasan
- Pertukaran transaksi
- Hubungan dengan pelanggan
- Pasar dan calon pembeli
Falsafah Manajemen Pemasaran
- Konsep produk dan konsep produksi
- Konsep penjulan dan konsep pemasaran
- Pemasaran berwawasan sosial
Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran sering dikenal dengan istilah Marketing Mix, merupakan alat yang digunakan perusahaan untuk mencapai pasar sasaran.
Bauran pemasaran terdiri dari:
- Produk (product)
- Harga (Price)
- Promosi (Promotion)
- Tempat (Place)
Dari keempat bauran tersebut , jika untuk perusahaan jasa akan ditambah 3 P yaitu:
- Orang (People)
- Proses (Process)
- Bukti fisik ( Psycal Evidence)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar