Penelitian sistem mutu
Penelitian sistem mutu secara umum dikenal dengan penelitian Research & Development (R&D), merupakan jenis penelitian yang memiliki tujuan untuk mengembangkan, memperdalam dari sebuah teori pada disiplin ilmu tertentu.
Pendapat Sugiyono, (2015) dalam bukunya, Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods ), Metode penelitian dan pengemabngan merupakan metode penelitian yang dipakai untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji efektifitas produk tersebut.
Dibawah ini adalah contoh sederhana tentang penelitian R&D yang diberlakukan pada STIE Indocakti Malang.
Secara umum, beberapa hal yang harus diperhatikan pada latar belakang adalah:
- Alasan menarik untuk diteiti berdasarkan fakta dan data.
- Adanya ketimpangan dilapangan, sehingga menimbulkan masalah, Masalah yang ada akan berdampak pada pencapaian tujuan berikutnya.
- Cara mengatasi masalah baik dari sudut kebijakan dan teori.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pemasaran memegang kunci keberhasilan dalam menggali, mempertahankan dan mengembangkan sumber-sumber pendapatan suatu perusahaan. Berbagai upaya pemasaran dilakukan secara terintegrasi dengan strategi pencapaian tujuan perusahaan sesuai dengan perencanaan, karena kesuksesan perusahaan banyak ditentukan dari prestasi bidang pemasaran. Dengan berkembangnya teknologi semakin canggih dan menyuguhkan media yang semakin variatif. kebutuhan manusia akan informasi semakin meningkat. Dengan kemajuan dibidang teknologi informasi serta komunikasi saat ini, dunia tidak lagi mengenal batas, jarak, ruang dan waktu. Sistem pemasaran melalui internet khususnya social media (jejaring sosial) dapat meningkatkan penjualan secara luas dan tidak memerlukan biaya pemasaran yang mahal. Konsumen akan lebih mudah untuk mengenal serta membeli produk yang diinginkan.
Salah satu sasaran dari pemasaran adalah menarik pelanggan baru dengan menjanjikan nilai manfaat produk, menetapkan harga menarik, mendistribusikan produk dengan mudah, mempromosikan secara efektif serta mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan memegang prinsip kepuasan pelanggan.
Semakin banyaknya perusahaan yang berkembang saat ini, khususnya usaha kuliner, harus memiliki inovasi dalam memasarkan produknya, mengingat persaingan semakin ketat. Salah satu kuliner yang saat ini sedang berkembang dan memerlukan kegiatan pemasaran adalah usaha Mie Mangkok Anugerah, yang melayani Food, Drink, Cathering, dan Delivery.
Dari hasil peneliti melakukan observasi dan melakukan wawancara dengan pihak manajemen Mie Mangkok Anugerah, ditemukan permasalahan pada masalah pemasaran produk, baik masalah internal maupun masalah eksternal. Masalah internal karena hampir semua karyawan belum menguasai cara-cara pemasaran produk di media social, untuk meningkatkan penjualan dan menggaet pelanggan. Selama ini sistem pemasaran yang dilakukan, hanya mengandalkan pengunjung, sehingga perkembangan penjualan menjadi lambat. Sedangkan faktor eksternal yaitu banyaknya persaingan, pesaing aktif memasarkan produk di media social.
Dengan adanya permasalahan tersebut maka belum banyak yang mengenal atau mengetahui adanya kedai Mie Mangkok Anugerah. Sehingga pelaku usaha tidak mendapatkan feedback dari konsumen mengenai masukan dan saran untuk membantu berkembangnya usaha dan menggaet pelanggan baru.
Dari permasalahan tersebut baik faktor eksternal maupun internal, maka diperlukan pengelolaan sistem mutu manajemen pemasaran pada Mie Mangkok Anugerah. Sistem mutu yang diperlukan adalah Standart Operating Procedure (SOP) pemasaran online dengan tujuan untuk melancarkan operasional usaha secara efektif dan efisien serta bisa meningkatkan jumlah pelanggan sehingga volume penjualan ikut meningkat.
Berdasarkan latar belakang diatas peneliti ingin memberikan gambaran pentingnya Standard Operational Procedure (SOP) Pemasaran Online bagi Mie Mangkok Anugerah agar dapat meningkatkan skill dan pengetahuan sistem online dengan tampilan promosi produk dalam meningkatkan pendapatan.
Dengan adanya SOP Pemasaran online pada Mie Mangkok Anugerah, diharapkan dapat lebih meningkatkan penjualan dan produk dapat dikenal masyarakat luas. Standard Operational Procedure (SOP) Pemasaran online adalah suatu alur kerja tertulis mengenai prosedur memasarkan produk, harga, promosi dan tempat di media social. Dengan dasar latar belakang diatas, maka peneliti mengambil judul penelitian ini “Penelitian Dan Pengembangan Sistem Mutu Manajemen Pemasaran online Pada Mie Mangkok Anugerah”.
B. Tujuan Penelitian Dan Pengembangan
Dalam penelitian dan pengembangan Sistem Mutu Manajemen Pemasaran mempunyai tujuan: Membuat dan Menganalisis Standart Operational Procedure (SOP) Pemasaran online pada Mie Mangkok Anugerah Malang.
C. Spesifikasi Produk Yang Diharapkan
Spesifikasi produk yang diharapkan dalam penelitian ini adalah Standart Operational Procedure (SOP) pemasaran online dalam bentuk tabel yang terdiri dari :
- Kepala SOP berisi : Nama SOP, nomor, tanggal, jumlah halaman, pemilik perusahaan dan penelitian.
- Batang Tubuh berisi : Aspek SOP dan garis besar SOP yang terdiri dari Unit kerja terkait, Tujuan, Prinsip, Definisi, Prosedur, Indikator terkait dan lampiran.
D. Pentingnya Penelitian Dan Pengembangan
Pentingnya dari penelitian dan pengembangan sistem mutu secara tertulis Standart Operational Procedure (SOP) Pemasaran pada Mie Mangkok Anugerah Malang adalah :
1. Bagi Mie Mangkok Anugerah.
Sebagai pedoman tertulis di dalam pengambilan keputusan yang membutuhkan SOP Pemasaran online dan meningkatkan jumlah pelanggan dengan strategi pada Manajemen Pemasaran yang efektif.
2. Bagi STIE INDOCAKTI
Dapat digunakan sebagai acuan bagi mahasiswa dalam melaksanakan penelitian di masa yang akan datang, Menambah pengetahuan dan wawasan yang lebih luas dan memberikan sebuah gambaran tentang SOP Pemasaran online yang diterapkan pada Mie Mangkok Anugerah Malang.
3. Bagi Peneliti
Sebagai aplikasi teori dalam penerapan di dunia Praktisi. dan mampu menyusun sistem mutu berdasarkan kebutuhan Mie Mangkok Anugerah Malang.
E. Asumsi Dan Keterbatasan Penelitian Dan Pengembangan
1. Asumsi Penelitian
- Sistem Mutu dalam bentuk SOP Pemasaran online diharapkan dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
- Sistem Mutu dalam SOP Pemasaran Online dapat meningkatkan omset penjualan.
2. Keterbatasan Penelitian dan Pengembangan
- Penelitian ini terbatas pada pembuatan SOP Pemasaran online pada Mie Mangkok Anugerah.
- Karena keterbatasan dalam memperoleh akses data, maka penelitian dan pengembangan ini hanya sampai di uji coba skala kecil.
D. Definisi Istilah
1. Penelitian dan Pengembangan
Suatu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut.
2. Sistem Mutu
Sistem mutu yaitu merupakan sekumpulan prosedur terdokumentasi dan praktek – praktek standar untuk manajemen sistem yang bertujuan menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk (barang atau jasa) terhadap kebutuhan persyaratan tertentu yang ditentukan oleh pelanggan dan organisasi.
3. Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas progam yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan.
4. Pemasaran online .
Strategi memasarkan produk dengan memanfaatkan jaringan internet.
5. Pengertian SOP
Standard Operating Procedure (SOP) adalah satu set instruksi tertulis yang digunakan untuk kegiatan rutin atau aktivitas yang berulang kali dilakukan.
6. Pengertian Mie Mangkok Anugerah
Mie Mangkok Anugerah adalah salah satu usaha kuliner yang mempunyai ciri khas penyajian mie diatas mangkok crispy.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar