Rabu, 29 Mei 2024

Contoh Bab I. Laporan Praktek Pengalaman Lapangan

 

BAB I  

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Kota Malang sebagai kota transit bagi wisatawan baik wisatawan local maupun wisatawan asing menjadi potensi wisata yang  bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan wisata kuliner.  Kuliner yang ada di Kota Malang, menjadi tempat persinggahan bagi para wisatawan, terutama pada akhir pekan, Kota Malang selalu menjadi pintu masuk wisatawan. Hal ini dibuktikan dengan arus kendaraan bermotor meningkat signifikan menuju kota Malang, khususnya yang datang dari kota-kota besar di Jawa Timur, seperti Surabaya.




Peningkatan jumlah pengunjung yang berkunjung ke Kota Malang, juga membuat permasalahan sendiri yaitu, dalam menjelajahi tempat wisata kuliner masih mengalami kebingungan ketika mencari alamat wisata kuliner yang akan dikunjungi. Hal ini karena adanya wisata kuliner yang begitu banyak, tersebar di seluruh penjuru kota dan selalu menghadirkan adanya kuliner baru, dengan berbagai menu, sehingga banyak pengunjung yang masih belum tahu informasi lengkap tentang kuliner terutama pada media online.

 Agar kuliner dapat dikenal dengan cepat dan mudah maka perlunya membuat ide bagaimana pengunjung dapat mengetahui lokasi dari tempat wisata kuliner baik itu media cetak maupun elektronik, terutama media sosial online, dengan bantuan alamat dan peta dari lokasi wisata kuliner beserta rute yang ditempuh, wisatawan dapat dengan mudah dalam melakukan perjalanan ke tempat kuliner yang dituju. Selain itu untuk mempermudah pengunjung dalam menentukan tempat kuliner, akan dibuatkan sebuah rekomendasi. Dengan bantuan rekomendasi, pengunjung akan secara mudah memilih tempat kuliner yang di inginkan.

Salah satu wisata kuliner yang terkenal di Kota Malang dan banyak dikunjungi wisatawan adalah bakso. Bakso merupakan salah satu makanan khas kota Malang. Bakso adalah sajian makanan dari daging yang dihaluskan, dicampur dengan tepung pati, lalu dibentuk bulat-bulat dengan tangan sebesar kelereng atau lebih besar dan dimasukkan ke dalam air panas jika ingin dikonsumsi.  Bakso biasanya disajikan dengan mie beserta kuah dan dapat juga disajikan dengan cara dibakar terlebih dahulu sehingga dinamakan dengan Bakso Bakar. Bakso bakar merupakan salah satu makanan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat, karena harganya yang relatif murah, rasanya yang enak dan penampilan yang menarik sehingga jajanan ini sangat digemari oleh wisatawan.  Di Malang sendiri bakso tidak dikemas seperti pada umumnya. Namun bakso di Kota Malang, memiliki cita rasa yang berbeda dengan bakso lain. Hal ini yang membuat bakso Malang begitu dicintai oleh wisatawan dan masyarakat. Beberapa bakso yang terkenal di Malang antara lain yaitu: Bakso Kikil Sruni, Bakso Trowulan, Bakso Gun, Bakso Solo Kidul Pasar, Bakso Urat Cak Toha, Bakso Tengkleng Mas Bambang, Bakso Keraton Pakis, Bakso Gong, Bakso Pak Dul/Pak Dudut dan bakso bakar Pak Man.

Salah satu usaha kuliner bakso yang relative masih baru, yang saat ini sedang berkembang untuk menyambut wisata kuliner di Malang adalah Sosis dan  Bakso bakar Pak Arifin yang berada di Gading Kasri, Klojen Malang. Usaha ini dirintis sejak 5 tahun yang lalu, dimana usaha ini sebelumnya hanya berjualan pada siang hari sampai malam, dan berada di halaman rumah, Namun seiring perkembangan kuliner Malang, pemilik usaha mulai mengembangkan penjualan dengan cara menjual produknya pada acara Car Free Day setiap hari minggu di jalan Ijen Malang, dengan tujuan meningkatkan penjualan dan mendekatkan kepada pelanggan.

Dengan perkembangan teknologi yang terus berjalan seperti media internet, Pemilik usaha Sosis dan Bakso bakar, sangat menginginkan untuk bisa mempromosikan ke masyarakat dan menjual produk melalui media sosial secara online, agar usahanya bisa dengan cepat dikenal pelanggan, namun demikian pemiliki usaha sangat tidak memahami bagaimana cara memasarkan produknya melalui media sosial maupun promosi lainnya.

Dari permasalahan tersebut diatas, untuk menunjang dan mensukseskan usahanya dalam mempromosikan dan menjual secara online, maka perlu dibuatkan suatu sistem mutu Sebagai pedoman yang tertulis dalam bentuk Standard Operational Procedure (SOP) yang berhubungan dengan pemasaran terutama masalah promosi. SOP merupakan pedoman prosedur kerja yang berisi langkah-langkah yang harus dikerjakan dari awal hingga berakhirnya suatu pekerjaan.

Berdasarkan latar belakang diatas,  dalam Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini, penulis ingin memberikan gambaran mengenai pentingnya sistem mutu manajemen pemasaran dalam bentuk SOP promosi yang seharusnya diterapkan dalam meningkatkan volume penjualan usaha sosis dan bakso bakar, oleh karena itu dalam Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), maka penulis mengambil judul “Pengembangan Sistem Mutu Manajemen Pemasaran Dalam bentuk SOP Promosi pada Sosis Dan Bakso Bakar Pak Arifin Malang.”

B.  Rumusan Masalah

       Bagaimana mengembangkan Sistem Mutu Manajemen Pemasaran dalam       bentuk SOP promosi pada Sosis Dan Bakso Bakar Pak Arifin Malang? 

C. Tujuan

    Untuk   mengembangkan Sistem Mutu Manajemen  Pemasaran  dalam bentuk SOP promosi pada Sosis Dan Bakso Bakar Pak Arifin Malang.


D. Manfaat

       Manfaat penulisan praktek pengalaman lapangan ini antara lain :

a.    Bagi Sosis Dan Bakso Bakar Pak Arifin.

  1. Memberikan gambaran mengenai prosedur promosi sehingga karyawan mudah dalam memasarkan produk.
  2. Memudahkan Membuat promosi pada media sosial menjadi lebih efisien.


b. Bagi STIE Indocakti


  1. Sebagai acuan bagi mahasiswa dalam melaksanakan pengembangan PPL di masa yang akan datang yang Berhubungan dengan pemasaran.
  2. Menambah pengetahuan dan wawasan yang lebih luas tentang Standart Operational Procedure ( SOP ) promosi.


c. Bagi Penulis

  1. Sebagai aplikasi teori yang telah dipelajari pada bidang akademik untuk diterapkan didunia Praktisi.
  2. Mampu menyusun system mutu pemasaran berdasarkan kebutuhan usaha kususnya usaha Sosis dan Bakso Bakar.

 

E. Definisi Operasional

1. Sistem Mutu

Merupakan sekumpulan prosedur terdokumentasi untuk manajemen sistem yang bertujuan menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk (barang/jasa) terhadap kebutuhan organisasi.

2. Manajemen Pemasaran.

Manajemen Pemasaran (Marketing Management) adalah sebuah proses yang meliputi perencanaan, analisis dan pelaksanaan tentang pemasaran sehingga bisa menghasilkan strategi pemasaran yang efektif untuk menggaet pelanggan

3. Promosi

Akitivitas komunikasi yang dilakukan oleh seseorang atau suatu perusahaan dengan masyarakat luas, dimana tujuannya adalah untuk memperkenalkan sesuatu (barang/ jasa/ merek/ perusahaan) kepada masyarakat

4. Standard Operational Procedure (SOP)

Merupakan kumpulan peraturan atau Prosedur yang dibuat untuk mempermudah tugas yang dikerjakan.

5. Media Sosial online

Sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

6. Sosis

Sosis adalah suatu makanan yang terbuat dari daging cincang, lemak hewan ternak dan rempah, serta bahan-bahan lain.

7. Bakso Bakar

Bakso bakar dapat diartikan sebagai bakso yang diolesi bumbu khusus dan dibakar langsung (tanpa atau dengan arang) dan disediakan bersama potongan ketupat dan kuah kaldu yang hangat dan bumbu kacang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar