BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kota Malang sebagai kota transit bagi
wisatawan baik wisatawan
local maupun wisatawan asing menjadi potensi wisata yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan wisata
kuliner.
Kuliner yang ada di Kota
Malang, menjadi tempat persinggahan bagi para wisatawan, terutama pada akhir pekan, Kota
Malang selalu menjadi pintu masuk wisatawan. Hal ini dibuktikan dengan arus
kendaraan bermotor meningkat signifikan menuju kota Malang,
khususnya yang datang dari kota-kota besar di Jawa Timur, seperti Surabaya.
Peningkatan jumlah pengunjung yang berkunjung ke
Kota Malang, juga membuat permasalahan
sendiri yaitu,
dalam menjelajahi tempat wisata kuliner masih mengalami kebingungan ketika
mencari alamat wisata kuliner yang akan dikunjungi. Hal ini karena adanya wisata
kuliner yang begitu
banyak, tersebar di
seluruh penjuru kota dan selalu menghadirkan adanya kuliner baru, dengan berbagai menu, sehingga banyak
pengunjung yang masih belum tahu informasi lengkap tentang kuliner terutama pada media online.
Agar
kuliner dapat dikenal dengan cepat dan mudah maka perlunya membuat
ide bagaimana pengunjung dapat mengetahui lokasi dari tempat wisata kuliner baik itu media cetak maupun elektronik, terutama media
sosial online, dengan bantuan alamat dan peta dari lokasi
wisata kuliner beserta rute yang ditempuh, wisatawan dapat dengan mudah dalam melakukan
perjalanan ke tempat kuliner yang dituju. Selain itu untuk mempermudah
pengunjung dalam menentukan tempat kuliner, akan dibuatkan sebuah rekomendasi.
Dengan bantuan rekomendasi, pengunjung akan secara mudah memilih tempat kuliner
yang di inginkan.
Salah satu
wisata kuliner yang terkenal di Kota Malang dan banyak dikunjungi wisatawan
adalah bakso. Bakso merupakan salah satu makanan khas
kota Malang. Bakso adalah sajian
makanan dari daging yang dihaluskan, dicampur dengan
tepung pati, lalu dibentuk bulat-bulat dengan tangan sebesar kelereng atau
lebih besar dan dimasukkan ke dalam air panas jika ingin dikonsumsi. Bakso
biasanya disajikan dengan mie beserta kuah dan dapat juga disajikan dengan cara
dibakar terlebih dahulu sehingga dinamakan dengan Bakso Bakar. Bakso bakar
merupakan salah satu makanan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat, karena
harganya yang relatif
murah, rasanya yang enak dan penampilan yang menarik sehingga jajanan ini
sangat digemari oleh wisatawan.
Di Malang sendiri bakso tidak dikemas seperti pada
umumnya. Namun bakso di Kota Malang, memiliki cita rasa yang berbeda dengan
bakso lain. Hal ini yang membuat bakso Malang begitu dicintai oleh wisatawan
dan masyarakat. Beberapa bakso yang terkenal di Malang antara lain yaitu: Bakso
Kikil Sruni, Bakso Trowulan, Bakso Gun, Bakso Solo Kidul Pasar, Bakso Urat Cak
Toha, Bakso Tengkleng Mas Bambang, Bakso Keraton Pakis, Bakso Gong, Bakso Pak
Dul/Pak Dudut dan bakso bakar Pak Man.
Salah satu usaha kuliner bakso yang relative masih baru,
yang saat ini sedang berkembang untuk menyambut wisata kuliner di Malang adalah
Sosis dan Bakso bakar Pak Arifin yang berada di Gading Kasri, Klojen Malang. Usaha
ini dirintis sejak 5 tahun yang lalu, dimana usaha ini sebelumnya hanya
berjualan pada siang hari sampai malam, dan berada di halaman rumah, Namun
seiring perkembangan kuliner Malang, pemilik usaha mulai mengembangkan
penjualan dengan cara menjual produknya pada acara Car Free Day setiap hari minggu di jalan Ijen Malang, dengan tujuan
meningkatkan penjualan dan mendekatkan kepada pelanggan.
Dengan perkembangan teknologi yang terus berjalan
seperti media internet, Pemilik usaha Sosis dan Bakso bakar, sangat
menginginkan untuk bisa mempromosikan ke masyarakat dan menjual produk melalui
media sosial secara online, agar usahanya bisa dengan cepat dikenal pelanggan,
namun demikian pemiliki usaha sangat tidak memahami bagaimana cara memasarkan
produknya melalui media sosial maupun promosi lainnya.
Dari permasalahan tersebut diatas, untuk menunjang dan
mensukseskan usahanya dalam mempromosikan dan menjual secara online, maka perlu
dibuatkan suatu sistem mutu Sebagai pedoman yang tertulis dalam bentuk Standard Operational Procedure (SOP)
yang berhubungan dengan pemasaran terutama masalah promosi. SOP merupakan
pedoman prosedur kerja yang berisi langkah-langkah yang harus dikerjakan dari
awal hingga berakhirnya suatu pekerjaan.
Berdasarkan latar belakang diatas, dalam
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini, penulis ingin
memberikan gambaran mengenai
pentingnya sistem mutu manajemen pemasaran
dalam bentuk SOP promosi yang seharusnya diterapkan dalam meningkatkan volume penjualan usaha sosis dan
bakso bakar, oleh karena itu dalam Praktek Pengalaman Lapangan (PPL),
maka penulis mengambil judul “Pengembangan Sistem Mutu Manajemen Pemasaran Dalam bentuk SOP Promosi
pada Sosis Dan Bakso
Bakar Pak Arifin Malang.”
Bagaimana mengembangkan Sistem Mutu Manajemen Pemasaran dalam bentuk SOP promosi pada Sosis Dan Bakso
Bakar Pak Arifin Malang?
Untuk mengembangkan
Sistem Mutu Manajemen Pemasaran dalam bentuk SOP promosi pada Sosis Dan Bakso Bakar Pak Arifin Malang.
D.
Manfaat
Manfaat penulisan praktek pengalaman lapangan ini antara lain
:
a. Bagi Sosis Dan Bakso Bakar Pak Arifin.
- Memberikan gambaran mengenai prosedur promosi sehingga karyawan mudah dalam memasarkan produk.
- Memudahkan Membuat promosi pada media sosial menjadi lebih efisien.
b. Bagi STIE Indocakti
- Sebagai acuan bagi mahasiswa dalam melaksanakan pengembangan PPL di masa yang akan datang yang Berhubungan dengan pemasaran.
- Menambah pengetahuan dan wawasan yang lebih luas tentang Standart Operational Procedure ( SOP ) promosi.
- Sebagai aplikasi teori yang telah dipelajari pada bidang akademik untuk diterapkan didunia Praktisi.
- Mampu menyusun system mutu pemasaran berdasarkan kebutuhan usaha kususnya usaha Sosis dan Bakso Bakar.
E. Definisi
Operasional
Merupakan sekumpulan prosedur terdokumentasi untuk manajemen sistem yang bertujuan menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk (barang/jasa) terhadap kebutuhan organisasi.
Manajemen Pemasaran (Marketing Management) adalah sebuah proses yang meliputi perencanaan, analisis dan pelaksanaan tentang pemasaran sehingga bisa menghasilkan strategi pemasaran yang efektif untuk menggaet pelanggan
Akitivitas komunikasi yang dilakukan oleh seseorang atau suatu perusahaan dengan masyarakat luas, dimana tujuannya adalah untuk memperkenalkan sesuatu (barang/ jasa/ merek/ perusahaan) kepada masyarakat
Merupakan kumpulan peraturan atau Prosedur yang dibuat untuk mempermudah tugas yang dikerjakan.
Sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Sosis adalah suatu makanan yang terbuat dari daging cincang, lemak hewan ternak dan rempah, serta bahan-bahan lain.
Bakso bakar dapat diartikan sebagai bakso yang diolesi bumbu khusus dan dibakar langsung (tanpa atau dengan arang) dan disediakan bersama potongan ketupat dan kuah kaldu yang hangat dan bumbu kacang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar