Penelitian R & D
Penelitian Research and Development (R & D) adalah metode penelitian bertujuan menghasilkan produk baru atau menyempurnakan produk yang sudah ada, serta menguji efektivitas produk tersebut.
Penelitian R & D lebih menekankan pada karya nyata yang aplikatif, bukan hanya pada penemuan teori.
Manfaat Penelitian R & D
- Memberikan kontribusi inovasi berupa produk baru atau perbaikan produk lama.
- Menghubungkan teori dengan praktik
- Menjadi acuan bagi instansi, atau individu dalam meningkatkan kualitas kerja melalui produk yang teruji.
Inti Latar Belakang Penelitian R & D (Produk: SOP)
Kondisi Nyata
Di banyak lembaga, aktivitas kerja sering berjalan tanpa prosedur baku. Hal ini menimbulkan ketidakefisienan, atau kesalahan kerjaKondisi Ideal
Lembaga harus memiliki pedoman kerja yang jelas dan tertulis agar setiap pegawai dapat bekerja dengan standar yang sama, efisien, dan terukur.
Kesenjangan (Gap)
Tidak adanya SOP menyebabkan perbedaan cara kerja antar individu, sulitnya pengawasan, serta rendahnya kualitas pelayanan atau produk.
Urgensi Penelitian
Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu dilakukan penelitian R & D yang menghasilkan SOP sebagai pedoman kerja yang sistematis, praktis, dan dapat diimplementasikan sesuai kebutuhan Lembaga / organisasi.
Harapan/Manfaat
SOP yang dikembangkan mampu meningkatkan kinerja, meminimalkan kesalahan, memudahkan evaluasi, dan menjadi acuan dalam menjalankan aktivitas manajemen.
Dibawah ini adalah contoh Bab I, untuk penelitian / skripsi Jenis R & D untuk mahasiswa STIE Indocakti Malang - Jatim. Dijabarkan secara singkat agar mudah dipahami
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BAB. I
PENDAHULUAN.
A. Latar Belakang
Peranan pemasaran memiliki fungsi yang sangat penting bagi pengusaha, sehingga banyak pengusaha berlomba-lomba memasarkan produk dengan menjalankan promosi untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan menghasilkan produk yang lebih efektif dan efisien dibandingkan pesaing. Secara umum Perusahaan, baik skala besar maupun kecil didalam melaksanakan kegiatannya selalu bertujuan untuk memperoleh keuntungan yang maksimal agar perusahaan terus berkembang.
Saat ini pemasaran atau promosi melalui media sosial atau yang dikenal dengan pemasaran/promosi online sangat dibutuhkan oleh perusahaan karena pelanggan telah banyak yang menggunakan platform media sosial baik untuk bersosialisasi, mencari informasi hingga berbelanja. Media sosial adalah platform digital yang memfasilitasi penggunanya untuk memudahkan interaksi sosial yang bersifat interaktif.. Media sosial berbasis pada teknologi internet dapat mengubah pola penyebaran informasi dari yang sebelumnya bersifat satu arah menjadi dua arah yaitu antara pelanggan dan Perusahaan. Peranan pemasaran melalui media social sangatlah menguntungkan Perusahaan seperti: Meningkatkan Loyalitas pelanggan, Meningkatkan Brand Awareness. Atau mendapatkan pengakuan merek, serta Hemat Biaya.
Pemasaran merupakan proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain. (Daryanto 2011). Manajemen Pemasaran merupakan sistem total aktivitas bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menetapkan harga, dan mendistribusikan produk , jasa dan gagasan yang mampu memuaskan keinginan pasar. (Tjiptono .2011).
Media sosial sebagai sarana untuk mencari informasi, hiburan, peluang bisnis maupun berkomunikasi dengan teman, keluarga bahkan dengan orang yang tidak di kenal sekalipun. Berdasarkan data yang diperoleh kominfo (2012) dapat di ketahui bahwa pengguna internet merupakan anak muda. Mulai dari usia 15-20 tahun dan 10-14 tahun meningkat signifikan.
Media Sosial sebagai sarana penunjang, memenuhi kebutuhan atau informasi, berkomunikasi maupun hiburan. Penggunaan fasilitas komunikasi yang semakin canggih memberikan peluang bagi setiap individu untuk mengakses informasi sesuai kebutuhan, serta dapat berkomunikasi dengan mudah. Perkembangan teknologi yang semakin canggih memberikan perubahan besar dalam komunikasi di era modern. Media Sosial memiliki beragam aplikasi dan jenisnya, yang dapat di jangkau dengan mudah untuk digunakan Sebagai alat promosi. seperti Instagram, Facebook, whaatsaapp, tiktok dan lainnya.
Pada observasi awal, yang di lakukan peneliti, pada salah satu usaha bidang kecantikan bulu mata yang saat ini sedang berkembang adalah M.E,L Beaute berlokasi di perumahan PNS Kota Malang. Saat ini sedang gencar-gencarnya dalam mempromosikan usahanya, namun demikian masih belum memahami mengenai cara-cara promosi di media social, hal ini karena usaha M.E.L Beaute belum memiliki SOP promosi di media sosial. SOP promosi online merupakan standard operasional procedure mengenai bagaimana cara-cara mempromosikan produk di internet melalui di media sosial.
Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti tertarik mengambil judul penelitian ini dengan judul “Penelitian Dan Pengembangan promosi online Pada Usaha M.E.L BEAUTE Malang”.
B. Tujuan Penelitian Dan Pengembangan
Dengan latar belakang diatas, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Menyusun dan Menganalisis Sistem Mutu promosi online Pada Usaha M.E.L BEAUTE Malang dalam bentuk Standart Operating Procedure (SOP).
C. Spesifikasi Produk yang Diharapkan
Spesifikasi produk yang di harapkan dalam penelitian ini adalah Standart Operational Procedure (SOP) promosi online dalam bentuk tabel yang terdiri dari :
- Kepala SOP berisi : Nama SOP, nomor, tanggal, jumlah halama, pemilik Perusahaan..
- Batang Tubuh berisi : Aspek SOP dan garis besar SOP yang terdiri dari Unit Kerja terkait, Tujuan, Prinsip, Definisi, Prosedur, Indikator keberhasilan, dan lampiran.
D. Pentingnya Penelitian Dan Pengembangan
Pentingnya dari penelitian dan pengembangan sistem mutu secara tertulis Standart Operational Procedure (SOP) promosi online pada M.E,L BEAUATE Eyelash Extention adalah :
1. Bagi M.E.L BEAUTE Eyelash Extention
Sebagai pedoman tertulis dalam pengambilan keputusan yang berhubungan dengan SOP pemasaran di medsos dengan harapan dapat meningkatkan jumlah pelanggan.
2. Bagi STIE INDOCAKTI
Dapat digunakan sebagai acuan bagi mahasiswa dalam melaksanakan penelitian di masa yang akan datang, dan menambah pengetahuan tentang SOP promosi di medsos yang di terapkan pada M.E.L BEAUTE Eyelash Extention.
3. Bagi Peneliti
Sebagai aplikasi teori di dunia Praktisi. Dan mampu menyusun sistem mutu SOP promosi online berdasarkan kebutuhan M.E.L BEAUTE Eyelash Extention.
E. Asumsi Dan Keterbatasan Penelitian Dan Pengembangan
1. Asumsi Penelitian
- Sistem Mutu dalam bentuk SOP promosi online di Medsos diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan.
- Sistem Mutu dalam bentuk SOP promosi online di Medsos diharapkan dapat meningkatkan omset penjualan.
2. Keterbatasan Penelitian dan Pengembangan
- Penelitian ini terbatas pada pembuatan SOP promosi online di Medsos pada M.E.L BEAUTE Eyelash Extention. Malang.
- Karena keterbatasan memperoleh akses data, maka penelitian dan pengembangan ini hanya sampai pada uji validasi ahli.
D. Defini Operasional
1. Penelitian dan Pengembangan
Suatu metode penelitian yang di gunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut.
2. Sistem Mutu
Sistem mutu merupakan prosedur terdokumentasi dan praktek-praktek standar untuk manajemen sistem yang bertujuan menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk (barang atau jasa) terhadap kebutuhan persyaratan tertentu yang di tentukan oleh pelanggan dan organisasi.
3. Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas program yang di rancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan.
4. Pemasaran/ Promosi Medsos atau Online
Kegiatan penyebaran informasi produk atau jasa kepada pelanggan melalui media digital, seperti internet, media sosial, dan aplikasi seluler.
5. Pengertian SOP
Standart Operating Procedure (SOP) adalah satu set instruksi tertulis yang di gunakan untuk kegiatan rutin atau aktivitas yang berulang kali di lakukan.
6. Pengertian M.E.L BEAUTE Eyelash Extention
M.E.L BEAUTE adalah usaha kecantikan bulu mata yang mempunyai ciri khas perawatan yaitu setelah perawatan lima kali gratis perawatan bulu mata serta tidak akan di pungut biaya setelah perawatan lima kali.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar