Strategi Bersaing
Strategi bersaing adalah aktivitas dalam Perusahaan, bagaimana perusahaan bersaing dan memenangkan persaingan.
Manajemen Strategi, STIE Indocakti |
Tujuan Strategi Bersaing
Memperkokoh posisi kuat di pasar
Meningkatkan pangsa pasar
Mencapai keuntungan maksimal
Contoh umum
Strategi bersaing seperti sebuah pertandingan olahraga. Setiap tim memiliki strategi berbeda untuk mengalahkan lawan dan meraih kemenangan.
Strategi Persaingan Langsung dan Persaingan Tidak Langsung
Persaingan Langsung:
Persaingan langsung terjadi antara perusahaan yang menawarkan produk yang sama, menargetkan segmen pasar yang sama, dan menggunakan saluran distribusi yang serupa.
Contoh:
Coca-Cola dan Pepsi, Toyota dan Honda.
Persaingan Tidak Langsung:
Persaingan tidak langsung terjadi antara perusahaan yang menawarkan produk yang berbeda, tetapi memenuhi kebutuhan yang sama bagi konsumen.
Contoh:
Industri film bersaing dengan industri game untuk merebut waktu luang konsumen.
Game Theory dalam Bisnis
Game theory yaitu menganalisis situasi di mana keputusan satu pihak akan memengaruhi hasil di pihak lain.
Dalam bisnis, game theory digunakan untuk memodelkan interaksi antara perusahaan yang bersaing.
Tujuan utama game theory dalam bisnis
Memprediksi perilaku pesaing dan merumuskan strategi optimal.
Contoh Umum
Game theory seperti bermain catur. Setiap pemain harus mempertimbangkan langkah lawan untuk menentukan langkah terbaik selanjutnya.
Contoh Penerapan Game Theory dalam Bisnis
Misalnya, dua perusahaan besar, A dan B, sama-sama mempertimbangkan meluncurkan produk baru. Jika keduanya meluncurkan produk baru, keuntungan keduanya akan berkurang karena persaingan ketat.
Jika hanya satu yang meluncurkan produk baru, perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang besar.
Dalam situasi ini, perusahaan A dan B harus menganalisis berbagai kemungkinan memilih strategi paling menguntungkan berdasarkan keputusan yang diambil oleh pesaingnya.