Senin, 04 April 2016

Pesona Andeman, Wisata alam, Pendidikan, dan Penelitian Bambu

Andeman merupakan sebuah tempat wisata yang berlokasi di Desa Sanankerto.Kecamatan Turen Kab. Malang, Jawa Timur,  dimana lokasi wisata saat ini dalam masa pengembangan untuk menjadi yang besar baik di tingkat regional, nasional bahkan diharapkan merambah menjadi  tempat wisata Internasional.



Air Danau Andmean yang Jernih





Andeman sebenarnya pada awalnya adalah sebuah danau dimana airnya berasal dari gunung semeru dan digunakan untuk irigasi sampai sekarang. Secara keseluruhan luas Andeman menurut pengelola luasnya kurang lebih 32 Hektar yang terdiri dari persawahan, hutan bambu,dan tanaman keras lainnya.

Disamping sebagai tempat menampung air, tempat ini digunakan untuk wisata alam dimana di lingkungan sekitar telah banyak ditumbuhi dengan berbagai macam jenis pohon seperti pohon berjenis tanaman keras serta tanaman bambu. 


Joglo di tengah pulau

Fasilitas Wisata
Fasilitas yang ada pada wisata alam Andeman saat ini memang masih relatif minin antara lain seperti Kolam renang anak-anak, Perahu mesin, sepeda perahu, penyewaan sepeda gunung, tempat  menginap secara alami dengan gubuk tua ditengah hutan bambu.




Kolam Renang anak-anak



Perahu, rute mengelilingi danau Andeman


Pulau Kecil Ditengah Danau 
Ada sebuah pulau ditengah danau yang dihubungkan dengan jembatan bambu dan pada area pulau mulai di tanami dengan bunga-bunga yang indah serta ada rumah pohon dan joglo untuk tempat istirahat para wisatawan. Rute perahu-perahu  mengelilingi danau sehingga  membuat lebih segar melihat alam karena pulau diapit oleh dua bukit.



Jembatan penghubung ke pulau ditengah danau Andeman


Pulau di tengah danau Andeman


Rumah Pohon di tengah Pulau Wisata Andeman

Hutan Bambu Dan Penelitian.
Dibelakang tempat wisata ada tanaman bambu dengan berbaga jenis dan menurut sumber pengelola Andeman saat ini telah memiliki kurang lebih sekitar 52 jenis bambu dan sangat baik untuk penelitian mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bambu. Menurut informasi pengelola Andeman, luas lahan bambu di lokasi wisata ini kurang lebih seluas 20 Hektar. Dengan luas lahan yang besar dan banyaknya kenis bambu maka lokasi wisata ini sangat baik untuk bidang pendidikan terutama penelitian mengenai manfaat bambu. Jenis=jenis bambu diantaranya adalah bambu apus, bambu kuning, bambu budha, bambu hitam.


Jalan menuju Tanaman bambu



Foto Lain di Wisata Boonpring Andeman




Tanaman Bambu



Tempat yang akan dijadikan Museum Jenis Bamboo



Jalan menuju Hutan Bambu Andeman Desa Sanankerto




Pemandangan dari tengah Pulau di tengah danau Andeman





Jenis Bambu di tengah Pulau Danau Andeman





Suasana asri



Perahu mengelilingi Danau Andeman



Alam asri  Danau Andeman, East Java Indonesia



Menikmati prahu dengan keluarga 



Warung tradisional siap melayani pengunjung 



Pembangunan Makam Mbah SingoRejo, Leluhur Desa Sanankerto


Pembangunan Mushola, masih butuh bantuan



Pintu Masuk Danau Andeman Sanankerto, akan ada perawatan/perbaikan




Suasana alam di tengah tanaman bambu



Rumah bambu




Lokasi Telaga/Danau Andeman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar